Selain Vitamin, Beberapa Minyak Esensial Ini Juga Dipercaya dapat Mengembalikan Stamina Tubuh
Ilustrasi (Dottera International Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di masa pandemi ini, minyak esensial menjadi salah satu produk yang penting bagi sebagian orang. Banyak yang memanfaatkan minyak dari tumbuh-tumbuhan ini sebagai pewangi ruangan sekaligus menjadi bagian dari ritual kesehatan mereka.

Merujuk pada pernyataan resmi dari Bonnels, Jumat, 10 September, salah satu brand lokal yang menghadirkan produk-produk natural, minyak esensial tidak hanya bisa memberikan efek relaksasi. Untuk tahu lebih lanjut, VOI telah merangkum beberapa manfaat minyak esensial bagi kesehatan tubuh.

Lavender oil

Memiliki aroma yang lembut dan menenangkan, ternyata lavender oil diketahui mengandung antiinflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, dan antibakteri. Deretan kandungan tersebut dapat membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi rasa nyeri pasca operasi pengangkatan amandel pada anak.

Lebih dari itu, lavender oil juga dapat membantu memberikan efek rileks, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa cemas dan stres, serta mengurangi rasa nyeri saat haid. Menggunakan lavender oil dengan diffuser atau langsung dioleskan ke tubuh saat malam hari dapat membantu menenangkan pikiran, sehingga tidur lebih nyenyak. Tubuh pun terasa lebih rileks dan fit di pagi hari.

Eucalyptus oil

Eucalyptus oil memiliki potensi antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan decongestant yang dapat membantu meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sinusitis.

Peppermint oil

Peppermint oil juga memiliki manfaat yang dapat membantu melegakan pernapasan, karena menthol dalam peppermint bertindak sebagai ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir dan mengurangi sumbatan. Selain itu, menthol dalam peppermint memiliki fungsi mengurangi rasa sakit pada kepala saat migrain.

Peppermint juga dapat membantu mengurangi gejala migrain lain seperti sensitivitas cahaya, mual, dan muntah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak peppermint ke dahi dan pelipis membantu menghilangkan sakit kepala karena stres.

Lemon oil

Lemon oil memiliki berbagai macam manfaat, antara lain membantu meredakan sakit tenggorokan, pilek, menenangkan pikiran, dan mengobati rasa nyeri. Lemon oil juga diketahui dapat membantu mengatasi demam dengan cepat.

Selain mengandung antimikroba dan antioksidan, lemon oil juga bersifat antiradang yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Melansir Healthline, lemon oil juga punya manfaat bagi kesehatan kulit. Lemon oil dapat digunakan untuk membunuh bakteri berbahaya yang ada pada kulit, seperti Staphylococcus aureus and E. coli. Manfaat ini membuat lemon oil baik dicampur dengan air untuk membersihkan luka.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Selain Vitamin, 4 Minyak Esensial Ini Juga Dipercaya dapat Mengembalikan Stamina Tubuh, saatnya merevolusi pemberitaan!