Berita Kripto Dunia: Brevan Howard Terus Memperluas Bisnis Kripto yang Dianggap Makin Menjanjikan
Brevan Howard, semakin tertarik berbisnis kripto. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hedge fund Brevan Howard mengungkapkan pada Senin, 12 September bahwa mereka sedang memperluas bisnis kripto-nya. Ini menjadi pertanda terkini bahwa ketertarikan institusional di kelas aset telah menerima momentum.

Brevan, yang lebih tenar dengan taruhannya pada popularitas makroekonomi, sudah menjadi salah satu dana lindung poin utama yang paling familiar yang bergerak ke dunia perdagangan kripto, yang diketahui dengan pasarnya yang bergejolak dan ruang lingkup untuk profit yang benar-benar besar.

Brevan Howard Terus Memperluas Bisnis Kripto

Manajer aset mengatakan akan meluncurkan unit baru, BH Digital, untuk mengelola cryptocurrency dan aset digital. Mereka juga akan mempekerjakan Colleen Sullivan, saat ini CEO dari cabang perusahaan perdagangan digital CMT, untuk memimpin investasi swasta dan ventura di kripto.

Ekspansi Brevan datang di belakang manajer uang profil tinggi lainnya yang menjelajah ke ruang ini dalam beberapa bulan terakhir. Manajer dana lindung nilai, Paul Tudor Jones, telah berinvestasi dalam bitcoin sementara Man Group dan memperdagangkan bitcoin berjangka.

Sebuah laporan tahunan yang diterbitkan oleh PriceWaterHouseCoopers, Asosiasi Manajemen Investasi Alternatif, dan Elwood Asset Management menemukan total aset yang dikelola dana lindung nilai kripto secara global hampir dua kali lipat menjadi 3,8 miliar dolar AS pada tahun 2020 dari 2 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya.

Peningkatan minat institusional terjadi karena semakin banyak cryptocurrency tersedia sementara bitcoin dan ethereum, koin paling terkenal di dunia, diperdagangkan jauh di bawah rekor tertinggi mereka.

"Apa yang awalnya dilihat sebagai sesuatu yang iseng sekarang tampaknya menjadi struktur yang lebih permanen dari lanskap keuangan dan ini telah mulai melihat apa yang awalnya instrumen keuangan pinggiran bergerak menjadi lebih utama dan sangat memaksa kepentingan institusional kita sekarang," kata Stuart Cole, Kepala makroekonomi di Equiti Capital yang berbasis di London.

Meningkatnya minat institusional telah berimbas ke ruang perdagangan. Eurex, bursa derivatif Deutsche Boerse, meluncurkan bitcoin berjangka pada Senin, 12 September untuk memenuhi minat yang meningkat.

Coinbase, salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, juga mengatakan minat institusional dalam perdagangan cryptocurrency telah melonjak tahun ini.

Dalam surat kuartal kedua kepada pemegang saham, Coinbase mengatakan omset cryptocurrency mencapai rekor 462 miliar dolar AS dalam tiga bulan hingga Juni. Dari jumlah ini, 317 miliar dolar AS diperdagangkan oleh investor institusional dan sisanya oleh klien ritel.

Rasio ini telah berubah dari kuartal pertama 2018 ketika investor ritel menyumbang bagian terbesar dari perdagangan cryptocurrency.

Sementara dana lindung nilai dan pertukaran telah berebut untuk menangkap pendapatan perdagangan, bank global relatif lambat untuk mengikuti tren. Sementara klien manajemen kekayaan mereka sebagian besar sudah mendorong mereka untuk menawarkan perdagangan mata uang kripto.

Citigroup Inc sedang mempertimbangkan untuk menawarkan perdagangan berjangka bitcoin untuk beberapa klien institusional. Sementara Standard Chartered telah membentuk divisi penelitian baru untuk cryptocurrency. Ini menjadi fakta baru dimana mata uang kripto, kini sudah menjadi bagian penting dari investasi keuangan dunia.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Brevan Howard Terus Memperluas Bisnis Kripto yang Dianggap Makin Menjanjikan, saatnya merevolusi pemberitaan!