Berita DIY: KNPI Adakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat membuka sosialisasi wawasan kebangsaan yang diselenggarakan KNPI Sleman

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bimbingan Teknis Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk anggota KNPI Sleman diselenggarakan oleh KNPI Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta di Puri Mataram, Minggu.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dittambah dengan kehadiran Ketua Umum KNPI Sleman periode 2020-2023 Khusnudin serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman Agung Armawanta.

Adakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengucapkan penyelenggaraan sosialisasi wawasan kebangsaan ini adalah salah satu upaya guna menunjang serta memperkokoh motivasi dan rasa kebangsaan generasi muda.

"Upaya tersebut perlu terus dilakukan mengingat seiring dengan perkembangan di bidang politik, sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia wawasan kebangsaan masyarakat kita semakin memudar," ujarnya.

Menurut dia, kondisi tersebut apabila tidak segera ditanggulangi akan mendorong terjadinya degradasi nasionalisme.

"Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Kemudian, Bupati Sleman juga menawarkan supaya nanti kaum muda berkeinginan menjadi petani milenial yang menjadi salah satu programnya untuk cetak 1.000 petani milenial.

"Bertani tidak mesti hanya menanam padi dan kena lumpur yang kotor namun bisa menanam produk holtikultura dengan memanfaatkan teknologi modern yang hasilnya akan dapat mengangkat ekonomi masyarakat," katanya.