Mahfud MD Kejutkan Publik, 86 Persen Koruptor Lulusan Perguruan Tinggi
Mahfud MD saat mengisi kuliah umum di Universitas Semarang (USM) pada Rabu, 20 Oktober (Humas Kemenko Polhukam)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa sangka jika terdakwa terbanyak dalam kasus korupsi di Tanah Air berasal dari perguruan tinggi? Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga mengungkap jumlah lulusan perguruan tinggi yang jadi koruptor saat ini mencapai 86 persen.

Hal ini disampaikannya saat mengisi kuliah umum di Universitas Semarang (USM) pada Rabu, 20 Oktober.

86 Persen Koruptor Lulusan Perguruan Tinggi

"Jika dilihat dari pelaku-pelaku korupsi dan kolusi, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama di dalam kemelut yang menimpa bangsa ini, terutama kemelut korupsi di Indonesia," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 Oktober.

Meski begitu, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini tak menampik jika perguruan tinggi memiliki peran untuk membawa perubahan serta kemajuan bagi negara. Tak hanya itu perguruan tinggi harusnya bisa menjadi salah satu langkah untuk memenuhi agenda wawasan kebangsaan.

"Kampus tidak sebatas melakukan transfer ilmu pengetahuan, melainkan juga menjadi tempat di mana mahasiswa ditempa untuk bersikap layaknya sebagai warga negara yang memahami bangsanya sendiri," ujar Mahfud.

Dirinya juga mengatakan perguruan tinggi juga seharusnya kapabel membawa kemajuan bagi bangsa termasuk penemuan.

Kemudian, pemantapan wawasan kebangsaan di tengah perguruan tinggi juga seharusnya hingga pada munculnya kesadaran apabila realita keberagaman bangsanya dibangun di atas empat konsensus kebangsaan dan kenegaraan sebagai penyangga eksistensinya.

"Baik atau tidaknya wawasan kebangsaan akan bergantung pada tingkat pengetahuan dan kesadaran seorang warga negara itu sendiri," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, hadir Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi sekaligus memandu acara, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof. Sudharto P Hadi MES PhD, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof. Dr. Ir. Kesi Widjajanti, SE., MM, Rektor USM Andy Kridasusila SE., MM, para rektor dan para dekan fakultas hukum perguran tinggi Jawa Tengah.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Mahfud MD: 86 Persen Koruptor Lulusan Perguruan Tinggi, saatnya merevolusi pemberitaan!