Wapres Ma'ruf: Industri Halal Menjadi Sektor Penting Penopang Ekonomi Global
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memberikan sambutan (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini, industri halal jadi sektor utama yang jadi penopang dalam upaya memulihkan perekonomian global pascapandemi COVID-19 seperti yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

"Saya menilai sektor industri halal, sektor kesehatan, sektor makanan dan minuman, serta sektor konstruksi dan pertanian akan menjadi penopang utama pemulihan ekonomi global ke depan," kata Wapres dalam sambutannya pada acara Konferensi Ekspor Nasional 2021 melalui rekaman video dari Jakarta, Antara, Kamis, 30 September.

Menjadi Sektor Penting Penopang Ekonomi Global

Di tingkat nasional, kata Wapres, upaya pemulihan ekonomi seharusnya diperkuat dengan penyediaan lapangan profesi, yang dikala ini beberapa besar ada di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan potensi industri halal di tingkat global itu, Wapres mendukung supaya semua pemangku kepentingan dan pelaku UMKM di Indonesia mempunyai orientasi ekspor untuk {bisa} bermain di pasar global.

"Pemulihan ekonomi harus disokong melalui penyediaan lapangan kerja. Lapangan kerja yang saat ini 97 persen ditopang oleh sektor UMKM, harus mampu dikembangkan menjadi sektor UMKM berorientasi ekspor," katanya.

Melalui sinergi dan kolaborasi antara dunia usaha dan akademisi, kata Ma’ruf Amin, akan melahirkan makin banyak eksportir baru dari Generasi Milenial dan Generasi Z untuk menciptakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Dalam kondisi sekarang ini, Indonesia sangat membutuhkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Wapres Ma'ruf Sebut Industri Halal Jadi Sektor Utama Penopang Ekonomi Global, saatnya merevolusi pemberitaan!

UMKM juga menjadi sektor paling berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional, kata Wapres, sehingga dalam keadaan krisis pandemi COVID-19, UMKM menjadi sektor paling terdampak di perekonomian.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Wapres Ma'ruf Sebut Industri Halal Jadi Sektor Utama Penopang Ekonomi Global, saatnya merevolusi pemberitaan!