Berita DIY: Pusat Vaksinasi Yogyakarta Layani Vaksinasi Mahasiswa Luar Daerah
Dokumentasi - Vaksinasi massal di Kelurahan Giwangan Yogyakarta

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kabar baik untuk para Mahasiswa yang dariu luar daerah yang saat ini ada di Kota Yogyakarta. Sekarang ada akses layanan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta di pusat vaksinasi, XT-Square.

“Layanan vaksinasi bisa diakses pada akhir pekan. Mahasiswa luar daerah yang ada di Yogyakarta bisa datang untuk melakukan vaksinasi di XT-Square,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Selasa.

Layani Vaksinasi Mahasiswa Luar Daerah

Menurutnya, semenjak program vaksinasi digulirkan untuk pertama kali di Yogyakarta pada Maret, target vaksinasi tak cuma dimaksudkan untuk warga Kota Yogyakarta saja tapi untuk warga yang berkegiatan di Kota Yogyakarta.

Pemberian vaksinasi terhadap mahasiswa luar tempat yang ada di Kota Yogyakarta itu, lanjut Haryadi, juga diinginkan bisa menunjang proses kuliah tatap muka yang direncanakan bisa diawali bulan ini.

“Pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh warga yang ada di Yogyakarta adalah bentuk dukungan kami pada rencana tersebut,” katanya.

Warga yang ingin mengakses layanan vaksinasi di sentra vaksinasi XT-Square diminta untuk melakukan registrasi terlebih dulu secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Hingga saat ini, Pemerintah Kota Yogyakarta mencatat sudah melakukan vaksinasi kepada lebih dari 589.000 orang untuk suntikan dosis pertama dan lebih dari 400.000 di antaranya sudah menuntaskan vaksinasi atau menerima suntikan dosis kedua.

“Sekitar 110.000 warga yang divaksin di Yogyakarta adalah warga Kabupaten Sleman dan lebih dari 70.000 adalah warga Kabupaten Bantul. Sisaanya berasal dari kabupaten lain di DIY dan dari luar DIY,” katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Data warga luar Kota Yogyakarta yang melakukan vaksinasi di Kota Yogyakarta tersebut rencananya akan disampaikan ke setiap pemerintah daerah sehingga bisa dimasukkan sebagai catatan capaian vaksinasi di wilayah tersebut.

“Jumlah dosis yang disuntikkan tersebut sudah lebih banyak dibanding warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksin, sekitar 350.000 orang,” katanya.

Kota Yogyakarta memasang target mampu menuntaskan vaksinasi pada 7 Oktober, yaitu bagi seluruh warga yang memenuhi syarat untuk menjalani vaksinasi.