Harapan Sandiaga Uno: Agar Tebing Breksi Yogyakarta Dikenal sebagai Warisan Dunia
Menparekraf Sandi Uno ketika mengunjungi Tebing Breksi di DIY (Sumber Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Destinasi wisata Tebing Breksi di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta yang telah ditetapkan sebagai geoheritage (warisan geologi) oleh pemerintah setempat dapat dikenal sebagai warisan dunia. Itulah yang diinginkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Hal ini dilakukan dengan memaksimalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat.

Dikenal sebagai Warisan Dunia

“Ini yang harus kita terus jaga, karena kita ingin tidak hanya menjadi warisan Indonesia tapi juga dikenal menjadi warisan dunia,” kata Sandi ketika mengunjungi Tebing Breksi di DI Yogyakarta sebagaimana tertera dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat, 9 Oktober.

Dalam kunjungannya, Sandi juga menetapkan Desa Wisata Sambirejo (Dewi Sambi) sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Tebing Breksi ialah salah satu destinasi andalan di Desa Wisata Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Destinasi liburan itu pernah dibuat warga lokal sebagai sumber perekonomian dengan menambang zona batu kapur di wilayah itu.

Menjelang 2014, lewat penelitian ditemukan bahwa bebatuan yang terdapat dalam Tebing Breksi adalah ragam batuan langka sehingga pemerintah setempat melarang untuk menjalankan kegiatan pertambangan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Sandi Ingin Tebing Breksi Yogyakarta Dikenal sebagai Warisan Dunia, saatnya merevolusi pemberitaan!