Perubahan Nama Facebook Menjadi Meta
Mark Zuckerberg (Sumber Qz)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan Mark Zuckerberg itu akan berganti nama baru dari Facebook menjadi Meta.

Penggantian nama ini berarti Facebook bukan lagi nama perusahaan secara menyeluruh --yang semula juga membawahi Instagram dan WhatsApp-- tapi hanya jadi merek anak perusahaan yang mengoperasikan layanan media sosial bernama sama.

Pengumuman ini diberi tahu Zuckerberg secara langsung di tengah masalah virtual reality dan augmented reality Facebook Connect. Berdasarkan Zuckerberg ini searah dengan konsentrasinya yang berkembang ke arah metaverse, yang merujuk pada upaya menggabungkan teknologi virtual dan augmenten reality di ranah online baru.

Kecuali lebih mencerminkan tekad masa depan perusahaan, rebranding juga dianggap tepat sasaran merombak reputasi Facebook, sesudah serangkaian mimpi buruk soal pengelolaan perusahaan, kegagalan moderasi konten, dan tekanan perihal efek negatif Facebook kepada kesehatan mental sebagian penggunanya.

Facebook Menjadi Meta

"Saya telah banyak berpikir tentang identitas kami saat kami memulai bab berikutnya. Facebook adalah salah satu produk yang paling banyak digunakan dalam sejarah dunia," kata Zuckerberg, dikutip CNN, Kamis, 28 Oktober waktu setempat.

Menurut Zuckerberg, meski Facebook adalah merek media sosial yang ikonik, tapi brand image Facebook tak pernah benar-benar menggambarkan apa yang dilakukan oleh dirinya dan seluruh tim di dalam perusahaan.

"Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial ... tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang. Dan metaverse adalah batas berikutnya, seperti halnya jejaring sosial ketika kami memulai."

Artikel ini telah tayang dengan judul: Facebook Ganti Nama jadi Meta, saatnya merevolusi pemberitaan!