Tips Penting: Cara Mengedukasi Anak Soal Pandemi COVID-19
Ketika orang tua hanya memberi larangan tanpa penjelasan, kemungkinan besar anak makin bingung.

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di tengah kondisi pandemi yang membuat banyak perubahan ini, orang dewasa pun sering bingung, apa kabar anak-anak? Seperti orang dewasa, anak pun merasakan perbedaan yang mencolok. Ia tidak bisa lagi main bareng teman, pergi ke sekolah, pergi makan di luar bareng keluarga atau sekadar jalan-jalan di dekat rumah. 

Ketika orang tua hanya memberi larangan tanpa penjelasan, kemungkinan besar anak makin bingung. Seolah-olah ia dikurung di rumah dan tidak boleh main, bahkan sekolah. Lalu bagaimana cara memberi pemahaman tentang situasi ini pada anak? 

Cara Mengedukasi Anak

Pertama-tama, orang tua bisa membacakan sekilas informasi tentang covid-19 ini pada anak. Apa sih yang dimaksud dengan virus, apa itu corona, bagaimana cara penularan dan pencegahannya, serta apa yang terjadi pada orang yang terkena virus. 

Cara lain dengan menonton video-video tentang covid-19 agar anak bisa melihat langsung seperti apa sih virus ini, serangkaian tes dan pemeriksaan, serta bagaimana kehidupan orang-orang yang telah terjangkit virus. 

Orang tua bisa membiarkan anak bertanya sepuasnya lalu mintalah waktu untuk memberi penjelasan agar mudah dimengerti. Termasuk kenapa dia harus diam di rumah, pakai masker setiap keluar rumah, jaga jarak, dan dilarang bersentuhan dengan orang lain. 

Salah satu cara paling ampuh tentunya dengan memberi contoh secara langsung. Beritahu anak bahwa semua orang dewasa pun melakukan hal serupa. Biasanya anak-anak senang meniru orang dewasa karena merasa sudah besar. 

Jika sesekali keluar rumah, anak pun bisa melihat langsung bagaimana orang tua menjaga jarak walau itu dengan tetangga, teman, atau saudara. Setiap pulang bepergian, anak juga bisa diajarkan untuk langsung bersih-bersih, ganti pakaian, menaruh pakaian di keranjang cucian, cuci tangan dengan benar, serta menerapkan gaya hidup sehat. 

Agar anak tidak bosan selama di rumah, boleh juga sesekali melakukan video call bersama teman-temannya untuk sekadar bertegur sapa dan ia akan melihat bahwa teman-temannya pun di rumah saja selama pandemi ini. 

Orang tua juga bisa mengajak anak berolahraga di rumah sambil nonton video tutorialnya, memasak masakan sehat, dan mencoba berbagai kegiatan seru di rumah. Anak pun perlu diberitahu tentang pentingnya  menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang virus.

Artikel ini telah tayang dengan judul, Cara Mengedukasi Anak Soal Pandemi COVID-19 , saatnya merevolusi pemberitaan!