Dikabarkan Bakal Terjebak di Chip Lawas, Yakin Mau Ganti iPhone 14?
Tahun depan, seri iPhone 14 dikabarkan akan meluncur. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahun depan, seri iPhone 14 dikabarkan juga akan meluncur. Tetapi sepertinya, chipset dalam gawai tersebut mengalami masalah. Seperti yang kita tahu, Apple kerap melakukan penyegaran saat meluncurkan produk terbaru mereka, terutama iPhone.

Menurut laporan terbaru, TSMC sebagai mitra Apple dalam membuat prosesor, kini sedang berjuang memproduksi chip 3nm untuk iPhone 14, yang diklaim sebagai A16 Bionic.

Bakal Terjebak di Chip Lawas

Pada spot ini, TSMC berada di tengah transisi ke teknik pengerjaan 3nm. Seri iPhone 13 menonjolkan chip A15 Bionic Apple yang didasarkan pada pengerjaan 5nm. Apabila TSMC tak bisa merampungkan chip 3nm sesuai waktu, karenanya kemungkinan besar iPhone 14 masih akan terjebak dengan chip 5nm yang sudah diterapkan selama tiga tahun berturut-turut.

Prosesor 3nm TSMC akan memungkinkan iPhone 14 mengonsumsi lebih sedikit tenaga, dan membikin masa gunakan baterai yang lebih bagus tanpa perlu menambah ukuran.

Mengutip Wccftech, Kamis, 4 November, analisis oleh The Information of Apple, menduga bahwa dengan terjebaknya iPhone 14 pada chip lawas, akan menyebabkan beberapa pelanggan menunda upgrade perangkat mereka untuk satu tahun lagi dan memberi pesaing Apple sedikit lebih banyak waktu untuk mengejar ketinggalan.

Terlepas dari rintangan ini, TSMC masih diharapkan untuk meluncurkan chip 3nm di depan persaingan dari Intel dan Qualcomm. TSMC dan Apple telah bekerja sama selama bertahun-tahun dan kedua perusahaan bergantung satu sama lain sampai batas tertentu.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Peluncuran iPhone 14 Dikabarkan Bakal Terjebak di Chip Lawas, Yakin Mau Upgrade?, saatnya merevolusi pemberitaan!