Berita Kripto: Polisi Kanada Tangkap Remaja yang Lakukan Penipuan Kripto Lewat SIM-swapping
Remaja ditangkap karena pencurian jutaan dolar menggunakan trik pertukaran SIM untuk mencuri kripto. (foto pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seorang remaja karena diduga mencuri 46 juta CAD (sekitar 36,5 juta dolar) dalam cryptocurrency dengan menggunakan penipuan SIM-swapping telah ditangkap oleh Polisi di Kanada.

Menurut Layanan Polisi Hamilton di Ontario, Kanada, remaja yang ditangkap karena pencurian jutaan dolar menggunakan trik pertukaran SIM untuk mencuri kripto. Pertukaran SIM melibatkan pemindahan nomor telepon korban ke kartu SIM penipu, yang memungkinkan yang terakhir untuk mencegat kode otentikasi dua faktor (2FA) dan mendapatkan akses ke akun korban.

Lakukan Penipuan Kripto Lewat SIM-swapping

Menurut departemen kepolisian Kanada, terdakwa diidentifikasi dan dilacak setelah menghabiskan beberapa crypto yang dicuri untuk membeli nama pengguna game online yang langka. Setelah penangkapan, remaja tersebut telah didakwa dengan pencurian dan kepemilikan barang curian, tetapi polisi hanya dapat menyita sekitar 7 juta dolar CAD dalam cryptocurrency curian.

Penangkapan tersebut merupakan hasil penyelidikan bersama FBI dan Satuan Tugas Kejahatan Elektronik Secret Service Amerika Serikat. Operasi dimulai kembali pada Maret 2020 dan memuncak dalam penangkapan minggu ini.

Layanan Polisi Hamilton menggambarkan kejahatan itu sebagai "pencurian cryptocurrency terbesar yang dilaporkan dari satu orang." Terdakwa tidak disebutkan namanya oleh polisi untuk mematuhi undang-undang Kanada yang mencegah tersangka di bawah umur delapan belas tahun untuk diidentifikasi di depan umum. Korban dikatakan warga negara Amerika dan juga belum diidentifikasi secara resmi.

Cryptocurrency mulai menerima penerimaan arus utama dan menarik pemodal baru tiap hari. Ini juga mewujudkan kesempatan baru bagi scammers, pembohong, dan penjahat dunia maya untuk mengibuli orang dari uang mereka, mulai crypto atau lainnya.

Terlepas dari kampanye berkelanjutan melawan penjahat dunia maya, beberapa besar kriminalitas dunia maya terus tak dihukum. Itulah sebabnya tanggung jawab ada pada warga negara yang taat peraturan untuk menyelamatkan diri dari menjadi korban tidak berwajah lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Polisi Kanada Tangkap Remaja yang Lakukan Penipuan Kripto Lewat SIM-swapping, saatnya merevolusi pemberitaan!