Google Membuat Fitur Hapus "Search History" 15 Menit Terakhir di Android
FILE PHOTO: The Google app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017.

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google menambahkan pembaruan pada aplikasinya berupa kemampuan menghapus riwayat pencarian atau search history 15 menit terakhir di Android.

“Kami baru meluncurkan fitur ini di Google untuk Android,kami berharap fitur ini akan bisa dicoba semua pengguna yang menggunakan aplikasi Google dalam beberapa mingguke depan,” kata Juru Bicara Google Ned Adriance seperti dikutip dari The Verge, Minggu.

Fitur itu pertama kali diungkap oleh Mantan Pemimpin Redaksi XDA Developers Mishaal Rahman, selain itu beberapa pengguna aplikasi Google di Android pun sudah bisa menemukan opsi tersebut.

Google Membuat Fitur Hapus "Search History"

Untuk mengakses fitur itu, pengguna bisa membuka aplikasi Google dari Androidnya lalu ketuk gambar profil anda setelah itu anda bisa memilih opsi “Hapus 15 menit terakhir” atau “Delete last 15 min”.

Fitur menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir itu memiliki jalan panjang untuk hadir di layanan Google karena sebenarnya fitur itu sudah diumumkan pada Google I/O 2021 seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Para pengguna Google di iOS justru lebih dahulu merasakan fitur ini pada Juli 2021 sementara untuk versi Android justru dirilis terlambat.

Belum jelas apakah fitur ini akan juga dihadirkan ke aplikasi untuk perangkat personal computer (PC).

Selain menyiapkan fitur untuk menghapus “search history” dengan durasi pencarian yang singkat, sebelumnya Google juga menyediakan fitur untuk menghapus search history penggunanya dengan durasi yang cukup panjang yaitu tiga bulan, 18 bulan, dan 36 bulan.