Update Planet Mars: Banjir Besar Pernah Terjadi di Mars, Ini bentuk Topografi di Planet Itu
Salah satu foto permukaan tanah di Mars yang diambil oleh NASA. (foto NASA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akhirnya sebuah studi yang didanai oleh NASA telah menemukan kunci dalam membentuk topografi Mars. Hal ini terbukti dari semburan banjir dahsyat yang memindahkan sejumlah besar material permukaan yang terungkap.

Sama seperti Bumi, air yang mengalir menciptakan beberapa pola permukaan khas di planet tetangga yang disebabkan oleh luapan air permukaan, dengan hasil yang mudah dilihat jika peristiwa itu merupakan bencana besar. Studi yang dilakukan selama beberapa dekade terakhir sebenarnya telah memprediksi skenario seperti 'banjir besar' yang terjadi di tanah Mars karena berbagai pemicu, salah satunya adalah dampak asteroid.

Banjir Besar Pernah Terjadi di Mars

Faktanya, para pakar astrobiologi sudah mengajukan pertanyaan apakah medan Mars yang kaya air pernah sesuai untuk kehidupan, menarik kesejajaran dengan konsep asal usulan kehidupan yang serupa di Bumi. Mars mungkin terlihat kering dan gersang di foto, tapi petak panjang tanah yang memrentang ratusan kilometer dan lazimnya selebar satu kilometer tampak terang dan diperkirakan tercipta sebab banjir besar dan tiba-tiba.

Struktur tanah ini disebut saluran aliran keluar, dan ukurannya yang tipis yaitu indikator skala dan energi banjir yang disaksikan planet ini. Tapi sejauh ini, kelompok sosial sains percaya bahwa jurang dan ngarai di planet ini beberapa besar berasal dari abrasi oleh sungai yang berumur panjang.

Kini, sebuah studi baru yang sudah diterbitkan di jurnal Nature mengklaim bahwa banjir besar dan singkat merubah permukaan planet lebih dramatis ketimbang yang diperkirakan sebelumnya. Makalah itu menceritakan bahwa banjir yang menembus danau mengikis sebanyak 24 persen dari volume jurang yang menorehkan di Mars permulaan dan menyusun beberapa besar metode jurang Mars.

Faktanya, banjir super ini mengangkut sedimen yang cukup untuk mengisi Danau Superior dan Danau Ontario — dua danau terbesar di Bumi — dalam hitungan beberapa minggu. Para ilmuwan sekarang berencana untuk membuat model banjir pelanggaran danau untuk mempelajari dampak dari episode kekerasan ini dalam membentuk seperti apa Mars hari ini.

Ini adalah studi pertama yang secara kolektif menganalisis lebih dari 200 danau yang rusak di Mars dan efek gabungannya pada skala planet. Berdasarkan data permukaan yang dikumpulkan oleh penjelajah Curiosity NASA, para ilmuwan menempatkan lembah Mars menjadi dua kelompok - yang terbentuk karena erosi bertahap, dan yang muncul saat air meluap dari kawah dan menyebabkan banjir.

Analisis komparatif dari kedalaman, panjang, dan volume lembah-lembah ini menunjukkan bahwa banjir tembus ini memiliki intensitas yang sangat tinggi. Sebagai contoh, rata-rata kedalaman lembah yang diakibatkan oleh banjir tembus lebih dari dua kali lipat dari lembah yang terbentuk secara perlahan dalam waktu yang lama karena erosi.

Studi yang didukung NASA mengusulkan bahwa ngarai yang dalam di Mars lebih berkaitan dengan banjir dahsyat ini. Dibandingkan dengan periode di Bumi di mana perubahan seperti itu muncul selama ratusan dan ribuan tahun, peristiwa permukaan ini terjadi di Mars hanya dalam beberapa bulan atau tahun.

Penelitian baru ini menantang model yang ada untuk mempelajari Mars, yang kebetulan didasarkan pada bagaimana permukaan bumi berevolusi selama ribuan tahun. Ini sebenarnya berhipotesis apakah bencana harus berfungsi sebagai lensa alternatif untuk mempelajari sejarah evolusi Mars.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Banjir Besar Pernah Terjadi di Mars, Membentuk Topografi di Planet Merah, saatnya merevolusi pemberitaan!