Rislisan Suara dan Pemandangan Planet Mars Dari Nasa
Suara berhasil ditangkap oleh robot penjelajah Mars milik NASA, Perseverance (foto NASA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Antariksa Amerika (NASA) baru saja meluncurkan sebuah video berisi suara dari Planet Mars yang menakjubkan. Pernahkah mendengar suara dari planet lain selain Bumi?

Suara itu berhasil ditangkap oleh robot penjelajah Mars milik NASA, Perseverance yang saat ini masih berada di Planet Merah tersebut. Perseverance adalah robot penjelajah pertama yang menyertakan dua mikrofon, satu di sasis rover dan yang lainnya di SuperCam yang terletak di ujung tiang kendaraan.

Suara dan Pemandangan Planet Mars

Hal ini tentu saja membuka dunia penemuan baru bagi para ilmuwan NASA yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Planet Mars. Belum lama ini, tim Perseverance telah merilis kumpulan rekaman audio yang dikumpulkan oleh robot penjelajah itu sejak kedatangannya di Mars pada Februari lalu lewat sebuah video berdurasi pendek.

Mengutip Digital Trends, Selasa, 19 Oktober, video yang diunggah oleh akun YouTube NASA Jet Propulsion Laboratory itu menampilkan suara rekaman termasuk suara angin di Mars, dan gambar badai debu yang dikumpulkan oleh Perseverance dan penjelajah Mars lainnya seperti Curiosity.

Dalam video tersebut terdengar suara Perseverance saat melakukan perjalanan dan melintasi permukaan di Mars. Terdengar pula semacam suara melengking saat enam roda logam rover meluncur perlahan di atas batu dan pasir di Planet Mars.

Video itu juga menyertakan suara laser penghancur batu dari SuperCam Perseverance. Suara bising muncul ketika laser menyerang batu, dengan ini para ilmuwan dapat menggunakan audio untuk mengetahui lebih banyak tentang sifat batu. Sejauh ini, SuperCam telah merekam lebih dari 25.000 tembakan laser.

Terakhir, bunyi dengungan berasal dari helikopter NASA Ingenuity yang terbang di Mars. Aksinya sukses di tangkap Perseverance dari jarak 80 meter selama penerbangan keempat pesawat pada April lalu.

Para ilmuwan percaya, atmosfer tipis di Mars mencegah bunyi bernada tinggi menempuh mikrofon Perseverance. Tapi, mereka juga kaget bahwa atmosfer itu sanggup menyebarkan bunyi jauh lebih bagus ketimbang yang diperkirakan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: NASA Rilis Suara dan Pemandangan dari Planet Mars yang Menakjubkan, saatnya merevolusi pemberitaan!