Cuma Jalan 10 Tahun Saja, Selamat Tinggal YouTube Rewind!
Rewind dimaksudkan untuk meringkas semua tren yang paling berpengaruh tahun itu. (foto youtube)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini diketahui YouTube mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan kembali membuat Rewind selamanya. Meskipun berjalan 10 tahun dan berhenti menayangkan YouTube Rewind pada tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Rewind dimaksudkan untuk meringkas semua tren yang paling berpengaruh tahun ini, kreator paling aktif, meme, video paling populer di platform milik Google itu, dan ditayangkan setiap akhir tahun.

Cuma Jalan 10 Tahun Saja

"Terima kasih kepada semua pembuat konten yang terlibat dalam Rewind, kami akan mendukung Rewind Anda saat kami memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan Anda dan tren yang menjadikan YouTube dengan jenis pengalaman yang berbeda dan diperbarui. Nantikan terus," tweet @YouTubeCreators seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 8 Oktober.

Tahun lalu, YouTube tidak memproduksi video Rewind, perusahaan mengatakan mereka tidak pantas mengingat kekacauan pada tahun 2020, “Tapi 2020 berbeda. Rasanya tidak benar untuk melanjutkan seolah-olah tidak (ada). Jadi, kami mengambil jeda dari Rewind tahun ini," ujar YouTube beberapa tahun lalu.

YouTube sudah berjuang untuk menemukan peristiwa yang pas memperkenalkan Rewind dalam {sebagian} tahun terakhir. Pada 2018 lalu, YouTube Rewind membikin rekor untuk video yang paling tak disukai di platform, sebab tak menonjolkan konten kreator yang berimbas dan peristiwa viral. Hingga hari ini, video itu konsisten menjadi video yang paling tak disukai yang pernah diposting ke platform.

Beberapa konten kreator beranggapan bahwa perusahaan memilih menonjolkan kreator kontroversial seperti Logan Paul dan PewDiePie, demi konten yang lebih ramah pengiklan. Sementara itu pada Rewind 2019, YouTube berupaya menghindari kontroversi dengan merubah bentuknya dari kumpulan YouTuber beranggaran besar dari tahun-tahun sebelumnya ke daftar klip yang lebih umum dari kreator, video, dan popularitas yang paling banyak ditonton.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Hanya Berjaya Selama 10 Tahun, Selamat Tinggal YouTube Rewind!, saatnya merevolusi pemberitaan!