KPK Berhasil Amankan Uang Triliunan Rupiah, Anies Baswedan Menangis, Apakah Benar?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Instagram-aniesbaswedan)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebuah video yang di unggah kanal YouTube @PILAR ISTANA lagi-lagi bikin heboh karena menyeret nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kenapa?

Dalam narasinya, video ini menulis Anies tengah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Anies Baswedan Menangis

“VIRAL TERBARU HARI INI ~ SELAMAT JALAN ANIES BASWEDAN!! KPK BERHASIL LAKUKAN INI. “TANGIS GUBERNUR PECAH DI KPK UANG TRILIUNAN BERHASIL DIAMANKAN NASIB ANIES BERAKHIR DISINI,” tulis narasi video dilansir dari turnbackhoax, Senin, 11 Oktober.

Video ini diunggah pada 9 Oktober 2021 dan telah ditonton sebanyak 14.038 kali. Lantas, benarkah video ini?

Tidak ada pemberitaan yang kredibel bahwa Anies Baswedan ditangkap oleh KPK. Anies sendiri masih aktif di akun Instagram resminya. Pada hari ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berangkat ke Jayapura, Papua untuk meninjau para atlet Ibu Kota yang sedang bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Insyaallah ini akan menjadi pijakan untuk prestasi lebih baik lagi," kata Anies Baswedan kepada para atlet DKI melalui akun instagram @aniesbaswedan dipantau di Jakarta, Senin 11 Oktober.

Anies tiba di Jayapura, Senin pagi dan bertemu dengan sejumlah atlet dan ofisial panahan serta sepak takraw di Bandara Sentani yang akan kembali ke Jakarta usai bertanding pada PON XX Papua.

Anies sendiri masih sempat mengesahkan pembangunan Kampung Susun Cakung, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Anies juga masih aktif di akun Instagram resminya untuk memberikan apresiasi ke Jakarta Smart City yang sukses memenangkan IDC Future Enterprise Awards 2021 pada 9 Oktober 2021, serta mengupload pelaksanaan pembangunan Gedung Panjang yang akan menjadi Wisma Seni dan Perpustakaan Taman Ismail Marzuki pada 10 Oktober 2021.

"Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal Youtube @PILAR ISTANA” tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan atau misleading content," demikian turnbackhoax.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Tangis Anies Baswedan Pecah, KPK Berhasil Amankan Uang Triliunan Rupiah, Cek Faktanya!, saatnya merevolusi pemberitaan!