Berita Sleman Hari Ini: Mlati Juara MTQ Sleman 2021
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan penghargaan kepada kafilah Kabupaten Sleman yang maju Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat nasional tahun 2021. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Sleman tahun 2021 dan berhak memboyong piala bergilir MTQ Sleman adalah Kapanewon (Kecamatan) Mlati.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan piala bergilir MTQ Sleman terhadap Panewu (Camat) Mlati Arifin di Serambi Mesjid Agung Sleman, Selasa.

Kepala Komponen Kesra Sekretariat Tempat Kabupaten Sleman Mustadi mengatakan, kontingen Kapanewon Mlati mendapatkan gelar pemenang sebab menjadi jawara 1 dalam 11 pertandingan di MTQ Kabupaten Sleman Tahun 2021.

Mlati Juara MTQ Sleman 2021

"Dari 20 cabang lomba yang diikuti oleh 17 kapanewon, kapanewon yang paling banyak mendapatkan gelar juara adalah Kapanewon Mlati," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ia menjelaskan, MTQ Kabupaten Sleman yang berlangsung pada 5 November 2021 diikuti oleh 557 peserta dan di antaranya ada 231 peserta yang menjadi juara 1,2,3 serta harapan 1 dan 2.

Peserta yang menjadi juara mendapat hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp1.000.000 untuk juara 1, Rp800.000 untuk juara 2, Rp600.000 untuk juara 3, Rp500.000 juara harapan 1, dan Rp400.000 untuk juara harapan 2.

Bupati Sleman mengatakan bahwa MTQ merupakan wahana untuk memacu kegiatan tilawah, hafalan, serta pendalaman Al Qur'an.

"Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Kegiatan yang bersifat kolosal dan sarat dengan syiar Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma saja apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat," katanya.

Ia berharap penyelenggaraan MTQ di tingkat Kabupaten Sleman dapat meningkatkan wawasan serta pemahaman terhadap isi kitab suci Al Qur'an sebagai pedoman hidup bagi umat Islam.

"Diperlukan perhatian, keterlibatan, dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah agar penyelenggaraan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an ini dirasakan memberi pengaruh positif yang tampak secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan bangsa kita ke depan," katanya.