Berita DIY: "Untukmu Jogja" Mengantarkan Purnatugas Kepala Daerah Kota Yogyakarta
Tangkapan layar gelaran “Untukmu Jogja” sebagai pengantar purna tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi

Bagikan:

YOGYAKARTA - "Untukmu Jogja" mengantarkan purnatugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi sekaligus menyambut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi.

“Acara ini dihadiri sekitar 1.500 perwakilan dari berbagai komponen masyarakat dan menjadi tanda bahwa kami mengantarkan dan menyambut pimpinan yang baru,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat dipantau melalui live streaming YouTube "Untukmu Jogja" di Yogyakarta, Minggu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Masa tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi berakhir pada 22 Mei 2022.

Mengantarkan Purnatugas Kepala Daerah Kota Yogyakarta

Menurut dia, Haryadi Suyuti yang sudah menjabat sebagai kepala daerah selama 15 tahun berturut-turut memberikan banyak kemajuan Kota Yogyakarta.

Adapun Heroe Poerwadi yang baru 5 tahun menjabat sebagai Wakil Wali Kota, lanjut Aman, memiliki sepak terjang yang sangat baik dan luas di tengah masyarakat.

“Meskipun baru 5 tahun, beliau sudah bersama kami lebih lama dari itu. Beliau sosok yang rajin hadir di tengah masyarakat. Berkeliling langsung ke masyarakat,” katanya.

Aman pun berharap meskipun Haryadi dan Heroe sudah tidak lagi memimpin Kota Yogyakarta, keduanya tetap bisa memberikan kontribusi dalam memajukan kota.

“Harapannya, Pak Haryadi dan Pak Heroe tetap bisa memberikan manfaat kepada Kota Yogyakarta,” katanya.

Kehadiran perwakilan komponen masyarakat tersebut juga menjadi upaya untuk menyatakan kesiapan dalam memberikan dukungan ke Penjabat Wali Kota dalam melaksanakan berbagai program Pemerintah Kota Yogyakarta.

Sempat tak percaya

Ia pun optimistis Penjabat Wali Kota dapat mengemban tugas dengan baik karena Sumadi adalah sosok yang tidak asing di pemerintahan dengan jabatan terakhir adalah Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengaku sempat tidak percaya akan menduduki jabatan tersebut hingga sesaat sebelum dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada Minggu (22/5) pagi.

“Tentunya, jabatan ini adalah amanah yang harus ditunaikan. Insya Allah saya siap menjalankan tugas,” katanya yang telah mencicipi perjalanan karirnya di 14 organisasi perangkat daerah.

Ia pun menyebut siap melanjutkan berbagai program kerja yang sudah dirintis oleh pasangan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi.

Sedangkan Haryadi menyatakan rasa syukur dan haru saat mengakhiri tugasnya sebagai kepala daerah.

“Waktu 15 tahun terasa sangat cepat berlalu. Pada akhir tugas ini, saya dan Pak Heroe ingin mengucapkan terima kasih ke seluruh pihak, masyarakat dan juga Forkopimda,” katanya.

Sementara itu, Heroe bersyukur dapat mengakhiri tugas sebagai Wakil Wali Kota saat kasus COVID-19 di Kota Yogyakarta terkendali.

“Lima tahun tidak berjalan selalu mudah karena sekitar 2,5 tahun terakhir terjadi pandemi yang membuat keadaan tidak berjalan mudah,” Heroe yang lama bekerja sebagai wartawan itu.

Namun demikian, lanjut dia, penanganan COVID-19 mampu dilakukan dengan baik dan saat ini terkendali sehingga diharapkan penanganan yang sudah baik bisa dilanjutkan oleh penjabat wali kota.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!