Berita Bantul: Kunjungan Wsata ke Destinasi Bantul Saat Akhir Pekan Turun
Kunjungan wisata pantai selatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kunjungan wisata ke destinasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur akhir pekan terakhir mengalami penurunan sebesar 38 persen dibanding jumlah kunjungan akhir pekan lalu.

"Penurunan kunjungan wisata ini diperkirakan karena Senin (11/7) besok sudah mulai aktif masuk sekolah," kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji saat dikonfirmasi di Bantul, Minggu malam.

Dia menyebutkan, data kunjungan wisata ke semua destinasi Bantul yang dikelola pemerintah dari 8 sampai 10 Juli 2022 sebanyak 29.773 orang dengan pendapatan sebesar Rp289,3 juta seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Destinasi Bantul Saat Akhir Pekan Turun

Sedangkan data kunjungan selama tiga hari pada 1 sampai 3 Juli tercatat sebanyak 48.585 orang dengan pendapatan Rp411 juta, atau turun sebanyak 38 persen.

Menurut dia, akhir pekan terakhir yang bertepatan dengan libur Idul Adha 1443 Hijriah saat ini tidak memengaruhi peningkatan kunjungan wisata ke Bantul.

"Tidak, karena liburnya hanya sehari dengan Idul Adha yang ada libur tambahan," katanya.

Dia menyebutkan, destinasi wisata Bantul yang dikelola pemerintah antara lain Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Baru, Gua Cerme dan Gua Selarong, tetapi yang menjadi andalan yaitu Pantai Parangtritis.

Sementara itu, dia mengatakan, untuk data kunjungan wisata selama seminggu terakhir dari 4 sampai 10 Juli sebanyak 63.797 orang, dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp620 juta.

"Turun sebesar 24 persen dibanding kunjungan selama seminggu yang lalu atau dari 27 Juni sampai 3 Juli tercatat sebanyak 82.789 orang, dengan pendapatan Rp804,9 juta," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!