Berita Kulon Progo: AP I YIA Menggelar Pameran Seni di Kawasan Tugu Malioboro Yogyakarta
Pameran seni second hand Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan pameran seni 2022 di kawasan Tugu Malioboro dalam rangka mewujudkan bandara sebagai etalase seni dan budaya.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Selasa, mengatakan pameran seni Second Hand YIA 2022, 80 persen lebih menggunakan barang bekas pakai yang dikemas menjadi karya-karya seni.

“Pemanfaatan barang bekas pakai menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi dengan hasil sentuhan tangan para perupa terbaik di Yogyakarta. Penyelenggaraan ini pula momen edukasi dan apresiasi terhadap seni rupa dan bagaimana meningkatkan kreativitas untuk mengelola barang yang sudah tidak digunakan untuk ditambah kembali nilai manfaatnya,” kata Agus Pandu Purnama seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menggelar Pameran Seni di Kawasan Tugu Malioboro Yogyakarta

Ia mengatakan kegiatan ini selaras dengan ditetapkannya Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) sebagai salah satu bandara etalase seni dan budaya.

"Kami secara rutin mencoba menghadirkan ambiance dan kesan yang kaya akan kearifan lokal di bandara. Ini merupakan komitmen kami sejak YIA dibangun dan dioperasionalkan. Terlebih lagi Kawasan Tugu Malioboro merupakan area publik yang dapat
diakses oleh seluruh pengguna jasa baik penumpang maupun non-penumpang," katanya.

Agus Pandu berharap pesan edukasi dan apresiasi terhadap karya seni ini dapat sampai ke masyarakat. Keberlangsungan karya seni dan budaya sebagai keunggulan Yogyakarta harus dipertahankan bersama-sama hingga ke generasi muda.

YIA tetap memegang komitmen untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi para pelaku seni, budaya, pariwisata, dan UMKM.

"Hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan daerah, sehingga masyarakat memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan bertumbuh dalam karyanya," katanya.

Pameran Seni Second Hand di kawasan Tugu Malioboro ini merupakan kerja sama antara Management Bandara Internasional Yogyakarta dengan Java Connections Art Management dan
Komunitas Perupa Second Hand Yogyakarta.

Pameran digelar mulai 1 Agustus hingga 2 Oktober 2022. Pameran Seni Second Hand YIA turut melibatkan seniman foto, lukis dan patung seperti Agung Sukindra, Irwandi, Nasirun, Budi Ubrux, Ngesti Limna, Ve Dhanito, Ridi Winarno,
Wiediantoro, Kun Tanubrata & Sjaiful Boen.

Pameran karya seni foto, lukis dan patung ini dipadukan dengan barang-barang bekas pakai yang dikemas artistik, sebagai pigura dan penyangga karya.

Barang bekas pakai yang digunakan antara lain ranjang, plat besi, daun pintu, boneka, sepeda, kaleng krupuk, meja, kursi dan lain-lain.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!