Permintaa Meningkat, Penjualan Merchant GoFood Vietnam Naik 3 Kali Lipat
Penjualan Merchant GoFood Vietnam Melesat 3 Kali Lipat (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gojek, perusahaan penyedia jasa on-demand terdepan di Asia Tenggara mengungkapkan data terbaru terkait dengan performa bisnis merchant GoFood Vietnam yang melesat di semester pertama tahun (H1) 2022 dari periode yang sama tahun 2021 (year on year/yoy).

Berdasarkan data resmi Gojek, terungkap adanya pemulihan yang kuat dalam transaksi pesan-antar makanan online dan pertumbuhan bisnis merchant GoFood Vietnam, dengan rata-rata penjualan merchant pada H1-2022 meroket hampir 3 kali lipat secara year on year.

Sebagai informasi, Gojek beroperasi di tiga negara yakni Indonesia, Singapura, dan Vietnam. Gojek memulai layanan di Vietnam pada 2018, dengan merek awal GoViet. Seiring dengan ekspansi di Asia Tenggara, Gojek lalu mengubah nama GoViet menjadi Gojek sejak Agustus 2020 sesuai brand di Indonesia dan Singapura seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Penjualan Merchant GoFood Vietnam Naik 3 Kali Lipat

Mengacu data Gojek, jumlah pengguna di Vietnam yang melakukan transaksi GoFood pada paruh pertama tahun 2022 meningkat sebesar 66% year-on-year.

Menurut Dung Le, Head of Merchants Gojek Vietnam, pertumbuhan penjualan merchant GoFood menunjukkan adanya pemulihan ekonomi yang kuat di Vietnam, terutama di pusat-pusat perkotaan seperti Kota Ho Chi Minh (HCMC) dan Hanoi.

“Dengan banyaknya masyarakat yang mengandalkan platform online untuk kebutuhan sehari-hari, pedagang makanan yang memanfaatkan kekuatan layanan digital akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis mereka,” kata Dung Le, dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA, Senin (8/8/2022).

Kenaikan popularitas GoFood di ibu kota Vietnam pun tercermin dengan jumlah pengguna baru yang tumbuh 35 persen, di mana kenaikan di Hanoi hampir 5 kali lebih besar dibandingkan dengan di HCMC.

Total volume pesanan juga melesat bersamaan dengan jumlah pesanan atau order GoFood yang naik 72 persen di paruh pertama tahun 2022.

Di Hanoi, jumlah pesanan GoFood naik lebih dari 3 kali lipat pada periode yang sama. Pada paruh pertama tahun 2022, nilai rata-rata pesanan GoFood tumbuh 23 persen year-on-year, meskipun harga makanan di GoFood sebagian besar tetap sama.

Hasilnya, dari pertumbuhan jumlah pengguna dan nilai pesanan, rata-rata penjualan bulanan merchant di GoFood meningkat secara signifikan dalam 6 bulan pertama tahun 2022.

Rata-rata penjualan merchant GoFood di Vietnam pada H1-2022 hampir 3 kali lipat year-on-year, dengan transaksi penjualan merchant GoFood di Hanoi yang meningkat 5 kali lipat dan Ho Chi Minh (HCMC) dengan peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

Sementara itu, pemilik PaPa Chicken-Ga Ran-Com Ga, Nguyen Huu Hai mengatakan, PaPa Chicken awalnya hanya memiliki satu outlet saat memulai bisnis bekerja sama dengan GoFood tahun 2019.

Dengan dukungan Gojek, hanya dalam 3 tahun, pihaknya dapat memperluas bisnis ke 28 outlet di Vietnam, dengan empat di HCMC dan 24 di Hanoi. Selain itu, pendapatan penjualan Papa Chicken di GoFood meningkat 20 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan dengan kuartal terakhir tahun 2021.

“Seiring dengan pertumbuhan kehadiran platform online selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak manfaat dari kemitraan kami dengan GoFood: platform berbasis teknologi yang mewadahi manajemen bisnis online dan promosi yang efektif, staf yang berdedikasi, serta kemampuan untuk menjangkau basis pelanggan yang luas dan beragam,” katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!