Berita Yogyakarta: Simpang Empat Gondomanan Susul Simpang Tugu Yogyakarta Bebas Kabel Udara
Simpang Gondomanan Yogyakarta akan menjadi simpang bebas kabel udara dengan ducting kabel listrik PLN dan fiber optic, Selasa (9/8/2022) (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini simpang empat Gondomanan Yogyakarta akan menyusul setidaknya dua simpang jalan lain di kota tersebut, salah satunya simpang Tugu Yogyakarta, menjadi kawasan yang bebas kabel udara, baik kabel listrik maupun fiber optic.

"Nantinya, tidak akan ada lagi kabel-kabel udara di simpang empat Gondomanan. Seluruh kabel listrik dan fiber optic akan diturunkan, di-ducting," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pekerjaan ducting kabel listrik dan fiber optic di simpang Gondomanan tersebut merupakan bagian dari penataan wajah Kota Yogyakarta.

"Kami ingin menunjukkan wajah Kota Yogyakarta yang semakin tertata dan cantik karena tidak ada lagi kabel yang melintang di udara," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sebelumnya, penataan kabel listrik dan fiber optic dengan cara ducting sudah dimulai di simpang Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon kota tersebut dan destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Bebas Kabel Udara

Penataan kabel udara kemudian dilanjutkan di simpang empat Gramedia sehingga simpang tersebut pun bebas dari kabel listrik dan fiber optic yang terpasang melintang jalan.

Seluruh penataan kabel listrik dan fiber optic tersebut dilakukan bersamaan dengan revitalisasi pedestrian di kedua kawasan.

Begitu pula dengan penataan kabel listrik dan fiber optic di simpang Gondomanan juga dilakukan bersamaan dengan revitalisasi pedestrian Jalan Senopati yang ditargetkan dapat diselesaikan pada pertengahan Desember.

Selain di simpang Gondomanan, juga akan dilakukan ducting untuk kabel fiber optic milik provider telepon selular di Jalan Secodiningratan yang berada sejajar dengan Jalan Senopati.

Aman berharap, penataan kawasan Jalan Senopati dengan melakukan revitalisasi pedestrian dan ducting kabel udara juga akan dilanjutkan dengan penataan Tempat Khusus Parkir Senopati.

"Penataan tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk menata seluruh kawasan Senopati. Tidak hanya trotoar dan kabel udara saja tetapi juga tempat parkirnya," katanya.

Aman menyebut, kawasan Senopati merupakan penunjang kawasan utama wisata di Yogyakarta yaitu Malioboro. "Harapan kami, Tempat Khusus Parkir Senopati juga bisa ditata lebih indah," katanya.

Ia pun optimistis pekerjaan revitalisasi pedestrian sekaligus penataan kabel udara di simpang Gondomanan dapat selesai tepat waktu yaitu pada pertengahan Desember.

"Sejauh ini, seluruh pekerjaan masih sesuai dengan tata kala yang direncanakan. Artinya, tidak ada keterlambatan dan seluruhnya sesuai tata kala dan teknis yang sudah ditentukan," katanya.

Pekerjaan penataan di kawasan Jalan Senopati tersebut dibiayai dengan dana keistimewaan senilai Rp12,2 miliar.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!