Berita Sleman: Sleman Bebaskan Retribusi Masuk Wisata Kaliurang Pada 17 Agustus
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Aris Herbandang. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka mangayubagyo HUT ke-77 RI pada Rabu 17 Agustus 2022 membebaskan retribusi masuk kawasan wisata Kaliurang dan kawasan wisata lereng Gunung Merapi Kaliadem di Cangkringan.

"Pada 17 Agustus 2022, mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB retribusi masuk Kaliutang dan Kaliadem dibebaskan untuk masyarakat umum," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Aris Herbandang di Sleman, Senin.

Menurut dia, selain untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI, tidak dipungutnya retribusi Kaliurang dan Kaliadem ini juga untuk menyemarakan Gelar Budaya yang digelar para pelaku wisata di Kaliurang pada Rabu 17 Agustus di destinasi Nawang Jagad Kaliurang Barat.

"Gelar Budaya dengan rangkaian kegiatan Upacara Bendera yang akan diikuti oleh 130 lebih pelaku Pariwisata Kaliurang pada 17 Agustus 2022. Upacara bendera ini dikemas dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Masuk Wisata Kaliurang Pada 17 Agustus

Ia mengatakan, diharapkan dengan tidak dipungut retribusi event bersama ini akan mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan sekaligus menjadi media promosi destinasi Pariwisata Kaliurang dan Kaliadem.

"Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan flash mob Tari Badui oleh peserta upacara," katanya.

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Rini Wahyu Hestari mengatakan Tari Badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman.

"Dalam perform besok, Tari Badui ini dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung atau wisatawan," katanya.

Menurut dia, penampilan Tari Badui diawaki kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari Jaban Tridadi Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari Cangkringan.

Rini menyampaikan, rangkaian agenda pertama di Nawang Jagad akan dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.30 WIB, dan akan dilanjutkan dengan penampilan flash mob kedua dan Band Rebo Ngeslow di Kawasan Tlogo PutrI Kaliurang pada pukul 11.30 sampai dengan 13.30 WIB.

Ketua Forum Masyarakat Kaliurang (Formak) Farchan Hariem mengatakan, event bersama dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang merupakan media bersama dalam mensyukuri Kemerdekaan RI sekaligus menjadi momentum para pelaku pariwisata untuk bersama bangkit memulihkan ekonominya.

"Pada kesempatan peringatan HUT RI besok lapisan masyarakat khususnya pelaku pariwisata Kaliurang juga antusias mengikuti upacara dengan pakaian daerah yang akan dikenakan," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!