Berita Sleman: Dispar Sleman Optimistis Sektor Pariwisata Segera Pulih Pascapandemi
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono. Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merasa optimistis sektor pariwisata dan jasa usaha pariwisata akan dapat segera pulih pascapandemi COVID-19 selamat lebih dari dua tahun terakhir.

"Jika melihat tren kunjungan wisatawan ke Sleman pada libur Lebaran dan libur Waisak kemarin, kami optimistis sektor pariwisata dan jasa usaha pariwisata akan segera pulih," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono di Sleman, Rabu.

Menurut dia, sebagai upaya untuk mendukung pemulihan pariwisata tersebut pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk semakin mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Sleman seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Optimistis Sektor Pariwisata Segera Pulih Pascapandemi

"Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran dan Waisak kemarin, itu juga tidak luput dari upaya kami untuk membuat 'branding' pariwisata Sleman melalui berbagai media, baik itu media massa maupun media sosial," katanya.

Ia mengatakan, "branding" tentang pariwisata Sleman terus dilakukan dengan diikuti perbaikan dan peningkatan pelayanan dari para pelaku pariwisata di Kabupaten Sleman.

"Seperti menjelang libur Lebaran, kami membuat branding dengan 'Pariwisata Sleman yang Bertanggung jawab' kemudian ada juga branding 'Reresik Dayoh'e Teko dan lainnya," katanya.

Suparmono mengatakan, selain melalui branding, pihaknya juga terus berupaya melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata dan jasa usaha pariwisata.

"Pelayanan yang terbaik bagi wisata menjadi prioritas kami, agar wisatawan memiliki kesan yang baik terhadap wisata Sleman. Pelayanan tersebut mulai dari kebersihan, keamanan dan kenyamanan. Termasuk juga kepastian terkait retribusi, parkir dan lainnya," katanya.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mencatat terdapat sebanyak 1.058.889 wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di wilayah itu pada periode cuti bersama Idul Fitri 2022.

Jumlah kunjungan di destinasi wisata di Kabupaten Sleman selama periode 29 April sampai dengan 8 Mei 2022 hingga pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 1.058.889 kunjungan.

Sedangkan pada libur panjang akhir pekan Hari Raya Waisak, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sleman juga dipadati kunjungan wisatawan.

"Setelah libur Lebaran kemarin, pada libur panjang Hari Raya Waisak membuat pelaku pariwisata Sleman bergerak lebih lega karena wisatawan masih terus berdatangan," kata Suparmono.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!