7 Brand Lokal Go Internasional: dari Produk Fashion hingga Makanan
Ilustrasi market (Franki Chamaki on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kini makin marak brand lokal go internasional. Bahkan beberapa brand tersebut mampu menguasai pasar di bidangnya. Beberapa brand tersebut kadang juga dianggap sebagai produk luar negeri, padahal proses produksi dilakukan di Indonesia.

Adanya brand lokal yang mampu menembus pasar mancanegara menandakan bahwa produk-produk buatan Tanah Air mampu bersaing secara profesional dengan produk dari luar negeri, bahkan produk dari negara maju. Oleh karenanya sebagai masayrakat Indonesia patut berbangga atas pencapaian tersebut.

Daftar Brand Lokal Go Internasional

Tidak hanya dijual di Mancanegara, beberapa produk juga dikenal luas oleh masyarakat di suatu negara. Adapun brand lokal yang sukses di kancah global adalah sebagai berikut.

1. Silver Queen

Silver Queen adalah salah satu produk cokelat yang dimiliki oleh PT Petra Food. Produk ini terkenal di berbagai negara, bahkan mampu menyaingi produk cokelat lain seperti Kitkat atau Cadbury. Silver Queen dibuat oleh PT Petra Food di Garut, Jawa Barat. Sedangkan nama pertamanya adalah NV Ceres. Produk ini dijual di beberapa negara seperti Amerika, Singapura, Filipina, dan US  lain.

2. Tolak Angin

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tolak Angin Official (@tolak_angin)

Tolak Angin adalah obat herbal yang diklaim mampu mencegah masuk angin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan herbal ini dibuat oleh PT Sido Muncul di Semarang dan berhasil menembus pasar mancanegara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan US.

3. Indomie

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indomie Seleraku (@indomie)

Pecinta kuliner Tanah Air tentu tahu produk mi instan Indomie. Produk ini dibuat oleh Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Tempat produksinya berada di Indonesia. Meski begitu, produk Indomie mampu merajai pasar mi instan di beberapa negara, salah satunya Afrika. Bahkan salah satu produk Indomie dinobatkan sebagai mi goreng instan terenak versi New York Magazine atau NY Magazine.

4. Polygon

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Polygon Bikes Worldwide (@polygonbikes)

Brand ini dikenal sebagai merk sepeda. Jika dilihat dari namanya, produk ini memang tak ketara buatan Indonesia. Namun patut diketahui bahwa sepeda roda dua Polygon dibuat oleh PT Insera Sena yang basisnya ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Produk ini telah dijual di berbagai negara. Bahkan Polygon digunakan oleh Tim Downhill kelas dunia Hutchinson UR Team untuk bertanding di ajang UCI DH World Cup tahun 2013.

5. Kopiko

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mayora Official (@mayoraofficial)

Kopiko yang dibuat oleh PT. Mayora Indah yang basisnya ada di Indonesia. Permen kopi dan kopi instan ini bisa ditemukan di berbagai negara sejak 2017. Bahkan Kopiko pernah muncul di salah satu drama Korea Selatan yang populer di Indonesia yakni Vincenzo. Produk ini dijual di beberapa negara yakni Hawai, Singapura, Jerman Australia, Korea Selatan, hingga Portugal.

6. Eiger

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh EIGER - TROPICAL ADVENTURE (@eigeradventure)

Produk fashion ini sudah dikenal di Tanah Air sudah lama, terutama di kalangan pendaki gunung dan pecinta olahraga hiking. Produk yang dibuat oleh PT Eiger Multi Produk Industri ini biasanya berupa tenda, jaket hiiking, sepatu, sandal, topi, dan masih banyak lagi. Produk ini dipasarkan dan memiliki distributor resmi di beberapa negara yakni Jepang, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Libanon. Mereka juga membangun outlet resmi di Dortmund, Jerman tahun 2010.

7. Bagteria

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bagteria (@bagteriaofficial)

Mungkin beberapa orang masih asing dengan brand fashion ini. Namun bagi masyarakat Inggris, Bagteria cukup dikenal. Bahkan brand lokal tersebut sudah digunakan oleh beberapa artis dunia seperti Emma Thompson, Paris Hilton, bahkan Putri Zara Phillips. Produk Bagteria dirancang oleh desainer Indonesia bernama Nancy Go, wanita asal Brazil yang menetap di Indonesia.

Produk Bagteria juga juga menarik perhatian adalah perhiasan yang dibuat di Yogyakarta dan Bali. Meski dibuat di Indonesia, Bagteria berhasil menembus pasar mancanegara seperti Italia, Amerika Serikat, Inggris, Kuwait, Jepang, dan. Prancis.

Itulah informasi terkait brand lokal go internasional. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.