Ini Daftar Pesawat Maskapai Susi Air dan Spesifikasi Singkat
Ilustrasi pesawat Susi Air (dok Susi Air)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Daftar pesawat maskapai Susi Air menarik untuk diketahui karena beberapa jenis dan macamnya berbeda dengan pesawat penumpang pada umumnya. Hal itu wajar karena maskapai yang dimiliki oleh Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti itu hanya melayani ruter terpencil dan hanya menyediakan layanan sewa.

Daftar Pesawat Maskapai Susi Air

Dikutip dari situs resmi Susi Air, PT. ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) didirikan pada tahun 2004 dengan izin Air Operator Certificate AOC 135-028. Cikal bakal Susi Air sendiri awalnya dilakukan hanya dengan satu pesawat yang difungsikan untuk mendistribusikan hasil laut ke pelanggan Susi. Seiring berjalannya waktu, Susi kemudian mendirikan perusahaan penerbangan yang diberi nama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Susi Air yang awalnya hanya memiliki dua armada pesawat, kini telah mengoperasikan 49 armada pesawat yakni sebagai berikut

  • Cessna Grand Caravan C208B sebanyak 32 unit
  • Pilatus PC-6 Turbo Porter sebanyak 9 unit
  • Piaggio P180 Avanti II sebanyak 3 unit
  • Air Tractor AT802 “Fuel Hauler” sebanyak 1 unit
  • Piper Archer PA-28 sebanyak 1 unit
  • LET 410 sebanyak 1 unit
  • Helikopter Agusta Westland Grand A109S sebanyak 1 unit
  • Helikopter Agusta Westland Koala A119Ke sebanyak 1 unit

Sedangkan beberapa unit yang menarik adalah sebagai berikut.

  1. Cessna Grand Caravan

Susi Air memiliki pesawat tipe Cessna Grand Caravan C208B dengan kuantitas terbanyak dibanding unit lain yakni sebanyak 32 unit. Hal itu wajar karena pesawat tipe ini dikenal serbaguna. Di maskapai Susi Air, armada Cessna Grand Caravan punya duperuntukkan bagi dua fungsi yang untuk mengangkut barang dan orang.

Cessna Caravan sendiri mampu beroperasi di berbagai jenis medan, termasuk di landasan kasar sekalipun. Selian itu Cessna Caravan juga bisa diperuntukkan untuk jarak jauh maupun jarak dekat. Pesawat Cessna Caravan milik Susi sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru dengan mempertimbangkan fungsi dan kenyamanan.

Harga Cessna Caravan juga cukup fantastis yakni sekitar 2,3 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp32 miliar.

  1. Pilatus PC-6 Turbo Porter

Susi Air juga mengandalkan pesawat Pilatus PC-6 Turbo Porter. Pesawat tipe ini juga bisa dioperasikan di berbagai medan dengan beragam kegunaan, mulai dari pengangkutan barang hingga manusia.

Yang menarik adalah pesawat ini kerap disewa untuk kepentingan misi pencarian subjek tertentu seperti orang hilang di Papua, wilayah yang memiliki hutan rimbun. Kemampuan pesawat sipil sayap tinggi ini memang berkemampuan untuk terbang dengan kecepatan rendah sehingga kerap dipakai untuk menyisir wilayah tertentu.

  1. Piaggio P180 Avanti II

Selain untuk kepentingan kargo, Susi Air juga menyediakan pesawat angkut pribadi berupa Piaggio P180 Avanti II. Pesawat ini dikenal dengan Executive Transport karena biasanya disewa sebagai pesawat sewaan pribadi yang mewah.

Pesawat ini juga dikenal anggun karena bentuknya yang memang eksklusif. Didesain oleh Piaggio Aero asal Italia, pesawat ini punya dua mesin turboprop. Selain itu Piaggio P180 Avanti II punya kapasitas dua hingga sembilan orang dengan laju kecepatan maksimal 732 km per jam.

Pesawat yang juga diandalkan oleh militer Italia itu punya harga yang fantastis yakni sekitar Rp103 miliar per unit untuk seri terbaru.

Itulah informasi terkait daftar pesawat maskapai Susi Air. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.