KKN UAD Ajak Warga Danurejan Olah Tanaman Jadi Produk Jamu
Kegiatan KKN UAD di Danurejan, Yogyakarta

Bagikan:

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 87 Unit III.B.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mengabdi di RW.04 Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta ikut andil dalam kegiatan pelatihan pembuatan jamu instan.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 24 Juni 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga, terutama ibu-ibu PKK RW.04, Tukangan, Danurejan, mengenai manfaat tanaman jahe dan secang sekaligus praktik membuat produk minuman jahe secara instan.

proses pembuatan jamu KKN UAD bersama warga Danurejan

Azis Ikhsanudin, M.Sc., Apt., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Unit II.B.3 sekaligus pendamping dalam pelatihan ini menjelaskan mengenai wedang uwuh sebagai minuman khas Yogyakarta yang dibuat dari berbagai macam rempah.  

“Wedang uwuh memiliki rasa manis yang berasal dari gula batu, rasa pedas dari jahe, serta warna merah dari bahan secang. Selain itu, aroma wanginya dari campuran rempah yaitu pala, kayu manis, serai, cengkeh, serta kapulaga menjadikan wedang ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh” jelas Aziz.

Setelah kegiatan ini berlangsung, mahasiswa KKN UAD berharap masyarakat dapat memanfaatkan wedang uwuh sebagai obat tradisional sekaligus menciptakan peluang usaha baru khususnya bagi warga RW.04, Tukangan, Danurejan untuk meningkatkan perekonomian.

Pri selaku Ketua PKK RT. 21 Danurejan menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan jamu instan. “Kami sangat senang sekali atas kehadiran mahasiswa KKN UAD, dan telah berbagai pengetahuan tentang cara pembuatan minuman instan yang bermanfaat untuk tubuh dan menyehatkan” ucapnya.