Berita Eksklusif, Kusuma Ida Anjani: di Masa Pandemi Mustika Ratu Fokus pada Produk Kesehatan
Kusuma Ida Anjani. (Foto Savic Rabos, DI Raga VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mustika Ratu merupakan perusahaan yang dirintis oleh BRA Mooryati Soedibyo di tahun 1975. Tapi jauh sebelum itu telah diawali dari berjualan jamu skala rumahan dan UMKM. Sampai sekarang perusahaan ini terus berkembang dan merambah banyak bidang. Tetapi konsisten konsentrasi pada beauty, alami health care dan wellness.

Di masa pandemi ini, dikala banyak perusahaan terdampak pandemi, Mustika Ratu, kata Kusuma Ida Anjani atau yang juga cucu dari Mooryati Soedibyo dan putri dari Presiden Komisaris Djoko Ramiadji, menujukkan perkembangan yang mengembirakan. Data penjualan di semester 1 tahun 2021 menujukkan peningkatan 20 persen lebih. Pertumbuhan yang ini terbukti banyak disumbang dari sektor kesehatan. Soalnya di masa pandemi ini kesehatan menjadi konsentrasi perhatian banyak orang supaya dapat sehat, bugar dan imunitas terjaga.

Mustika Ratu Fokus pada Produk Kesehatan

Ia menamatkan studi di Curtin University dan meraih gelar Bachelor of Commerce, Accounting & Finance (2006-2008). Kemudian melanjutkan di Monash University mengambil program Double Degree - Master of Applied Finance dan Master of Business (2009-2010). Berbekal ilmu yang dimiliki, Anjani bekerja di berbagai perusahaan dan institusi keuangan / perbankan di Australia seperti Commonwealth Bank of Australia, National Australia Bank, dan Morgan Stanley, selama 10 tahun lebih. Kemudian ia pulang ke tanah air di tahun 2019 dengan berkarya dan mengabdi di perusahaan yang didirikan oleh keluarganya.

Bergabung dengan Mustika Ratu, ia menempati posisi di jajaran direksi, sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi. Ajeng begitu ia biasa disapa, mengapliksikan ilmu yang diraihnya di kampus dan pengalaman bekerja di perusahaan Internasional di negeri Kanguru. Meski berbeda bidang usaha, namun dia bisa beradaptasi dengan bidang usaha Mustika Ratu dan iklim usaha yang ada di Indonesia.

Beragam pengembangan usaha dan inovasi dibawa kendali Ajeng. Bersama tim, dia mengeluarkan produk inovasi di masa pandemi ini. “Kami mengembangkan produk yang dibutuhkan masyarakat di masa sekarang seperti Herbamuno+, hand sanitizer, dan beragam produk herbal yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Jamu kami sajikan dalam rasa yang tidak pahit namun tanpa mengurangi khasiat dan disajikan dalam kemasan kekinian yang higienis,” terang perempuan yang juga aktif sebagai Ketua Harian PPAK Indonesia (Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia), Wakil Sekjen DPP GP Jamu dan juga Ketua Pelaksana Pemilihan Puteri Indonesia.

Kepada Iqbal Irsyad, Edy Suherli, Savic Rabos dan Rifai yang menyambangi kantornya di Graha Mustika Ratu Jl. Gatot Subroto No.74-75, Jakarta belum lama berselang ia berbagi pengalaman serta kiat mengeluarkan inovasi. Kalau sebelum pandemi Mustika Ratu lebih menonjol sebagai produsen kosmetika, di masa pandemi ini mereka fokus di bidang kesehatan. Inilah petikan selengkapnya.

Di masa pandemi ini, seperti apa kondisi Mustika Ratu?

Mustika Ratu itu punya tiga pilar yaitu beauty, natural health care dan wellness. Jadi kalau kita lihat dari segi penjualan, baru saja kami juga merilis data semester 1 kami sales-nya alhamdulillah naik di atas 20 persen dan ini memang juga mengikutsertakan produk-produk yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat khususnya adalah produk kesehatan, obat tradisional atau jamu.

Angka 20 persen ini dibandingkan dari tahun sebelumnya pada periode yang sama. Memang sudah masuk ke dalam era pandemi. Kalau kita lihat dan diperbandingkan dengan angka yang kita dapat dari BPS kemarin, pertumbuhan ekonomi 7,07 persen, angka 20 persen ini cukup baik untuk perkembangan. Kami di Mustika Ratu menanamkan untuk selalu fokus menciptakan inovasi melihat kebutuhan masyarakat. Dan yang dibutuhkan sekarang adalah produk-produk kesehatan khususnya untuk menjaga imun tubuh. Mustika Ratu baru ini mengeluarkan produk dari bahan-bahan asli Indonesia yang diambil dari resep Ibu Mooryati Soedibyo, namanya Herbamuno+. Fugsinya mengatasi gejala-gejala yang kerap ditemukan saat pandemi ini, seperti meriang, mual, dan demam. Semuanya bisa terbantu dengan mengkonsumsi suplemen jamu ini yang memiliki fungsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Baca selengkapnya di: Eksklusif, Kusuma Ida Anjani: di Masa Pandemi Mustika Ratu Fokus pada Produk Kesehatan