Voltage Art Collective Gelar Pameran Bertajuk “Pencitraan” yang Diikuti Belasan Perupa Muda
Ruang pameran Voltage Art Collective (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Komunitas seni Voltage Art Collective menggelar pameran seni rupa dengan mengusung tema “Pencitraan Art Exhibition”. Pameran digelar mulai tanggal 19 hingga 21 Agustus 2023 di Ruang Dalam Art House, Jl. Kebayan, Gang Sawo no 55, Jeblok DK3 RT 02 Tirtonirmolo, Kasihan Bantul, Yogyakarta.

Pameran kali ini diikuti oleh 19 perupa muda dengan tema dan ragam lukisan yang berbeda. Selain perupa muda, Voltage Art Collective juga menggandeng Dr. Drs. Hadjar Pamadhi, MA.Hons., salah satu kurator seni di Indonesia sekaligus guru besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dr. Drs. Hadjar Pamadhi juga jadi pembuka pameran di hari pertama, tanggal 19 Agustus pada pukul 16.30 WIB.

Pengambilan tema “Pencitraan” pada pameran dilakukan bukan tanpa alasan. Menurut ketua Pencitraan Art Exhibition Bastian Galuh Riandi, tema pencitraan diambil untuk menimbulkan kesan lewat media lukisan. Selain itu pameran juga jadi wadah bagi anggota komunitas untuk menciptakan “citra” tertentu bagi masyarakat umum.

“Memberi wadah bagi teman-teman untuk mencipta kesan di masyarakat umum,” kata Bastian.

Salah satu peserta pameran, Yusuf “Garuk” Novantoro, juga menjelaskan bahwa pameran tersebut penting sebagai salah satu media eksistensi para perupa.

“Pameran pencitraan penting menurutku, karena seniman butuh exsistensi dan eksistensi seniman tentu dilihat dari karyanya“, ucapnya saat dihubungi.

Adapun ke-19 perupa yang menampilkan karyanya dalam Pencitraan Art Exhibition adalah sebagai berikut.

  1. Agil Alfian
  2. Ajeng Widyaningrum
  3. Amitra Uzaima
  4. Azzam Dzaky M
  5. Bastian Galuh
  6. Bengok Oner
  7. Cllauvitra Rheyna
  8. Devi Agresy AP
  9. Dwi Yulianto
  10. Fahruli Imran
  11. Fajar Moehammad
  12. Fajar Rachmad S
  13. Julio Saviola
  14. Miftahul Khoir
  15. Muh Saeful Hafidz
  16. Muhammad Shodiq
  17. Norman Aprilio S
  18. Ulva Vania
  19. Yusuf “Garuk” Novantoro