JOGJA ART + BOOK FESTIVAL 2023: Perkuat Iklim Seni dan Literasi Jogja
JOGJA ART + BOOK FESTIVAL 2023 (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Angka indeks literasi digital DIY pada 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi, Indeks Literasi Digital DIY memiliki skor 3,64. Artinya, perkembangan literasi digital DIY di atas rata-rata perkembangan literasi digital nasional sebesar 3,49 menurut data statistik tahun 2022. 

Meskipun demikian, pencapaian itu masih tergolong pada tingkat sedang dibandingkan dengan pencapaian literasi digital pada tingkat internasional dalam bilangan tahun yang sama. Oleh sebab itu, DIY, apalagi Indonesia secara keseluruhan, masih harus secara intensif dan ekstensif berusaha keras untuk meningkatkan dirinya dalam hal tersebut.

Atas dasar itulah, Yayasan Seruang menggelar Jogja Art + Books Festival 2023.

Sesuai dengan namanya, dalam acara yang digelar di The Ratan Jl Ring Road Selatan No 93, Glugo, Kalurahan Panggungharjo, Kemantren Sewon mulai 29 April sampai 16 Mei 2023 tersebut akan menghadirkan serangkaian acara yang berkaitan dengan seni dan buku.

“Bagaimana pun, keakraban interaksi para pelaku seni budaya dengan dunia buku dan akademisi di Jogja menghasilkan ekspresi keterpengaruhan satu dengan yang lainnya pada setiap karya mereka,” kata salah satu pendiri Yayasan Seruang, Prof Faruk HT, Senin 17 April.

Oleh sebab itu, Jogja Art + Books Festival menjadi ruang ekspresi kolaboratif mereka yang

mampu menghadirkan beragam pengalaman, ekspresi, dan potensi pengembangan konsep seni dan literasi terkini. Konsep festival, juga memungkinkan untuk menarik atensi masyarakat lebih luas untuk ikut meramaikan dan terlibat di dalamnya. Selain itu festival juga menghadirkan optimism yang dibutuhkan untuk terus menjaga semangat dan menggugah kesadaran.

Direktur Jogja Art + Book Festival 2023, Dodo Hartoko mengatakan selama 13 hari digelar, Jogja Art + Books Festival 2023 menampilkan serangkaian kegiatan, mulai dari pameran seni rupa bertajuk Kutip Kitab; bedah buku dan seminar bertajuk Forum Baca; bazar buku; dan konser musik bertajuk The Sounds of Poetry.

Dia menjelaskan, dalam pameran seni rupa Kutip Kitab yang digelar sepanjang Jogja Art + Books Festival 2023, sejumlah perupa akan menampilkan karyanya, yakni Agus Suwage, Arwin Hidayat, Dedi Sufriyadi, Restu Ratnaningtyas, Mella Jaarsma, dan Jumaldi Alfi. “Pameran ini menjadi cara untuk memahami proyek literasi dengan buku sebagai titik vokalnya. Melibatkan seni rupa semakin menguatkan bahwa dalam budaya perbukuan di Jogja,” kata Dodo.

Dalam Forum Baca, maraton seminar dan bedah 14 buku digelar sejak 30 April-10 Mei 2023. Melalui acara ini, Dodo berharap bisa semakin menghangatkan iklim literasi dan apresiasi terhadap buku. “Kami juga menggelar bazar buku. Setidaknya ada ratusan penerbit dan puluhan ribu judul buku yang kami tampilkan selama enam hari, mulai 29 April-4 Mei 2023,” ucap Dodo.

Tak cuma itu, sepanjang Jogja Art + Books Festival 2023 juga digelar pentas musik The Sounds of Poetry yang menampilkan puluhan musikus, baik yang berskala lokal Jogja maupun nasional.

“Para musikus dipilih berdasarkan kekuatan literasi pada karya mereka serta kesesuaian dengan tema festival,” ucap Dodo.

Adapun sebagai acara inti dari Jogja Art + Books Festival 2023 akan dibacakan pidato kebudayaan oleh sastrawan Seno Gumira Ajidarma pada 2 Mei 2023. Sastrawan yang juga mantan jurnalis ini bakal membacakan pidato kebudayaannya yang berjudul Sekolah Liar, Mengapa Tidak?

Diakui Dodo, pidato kebudayaan tersebut memang sengaja digelar pada peringatan Hari

Pendidikan Nasional. Pasalnya, pidato kebudayaan itu diharapkan bisa menjadi momen refleksi atas pola-pola pedagogik yang selama ini sudah diterapkan, terutama keterkaitannya dengan kebudayaan.

Rangkaian Acara 

PAMERAN KUTIP KITAB

  • 29 April - 16 Mei 2023
  • Mulai pukul 09.00 WIB - 21.00 WIB
  • Seniman: Agus Suwage, Arwin Hidayat, Dedi Sufriyadi, Restu Ratnaningtyas, Mella Jaarsma,

    Jumaldi Alfi

FORUM BACA (Bedah Buku & Seminar)

  • 30 April - 10 Mei 2023
  • 10.00 WIB - 17.00 WIB
  • Pembicara:

    Resan Gunungkidul, Wahyudi Anggoro Hadi, Ignatia Nilu, Ramayda Akmal, Katrin Bandel, Ni

    Made Purnama, Dewi Kharisma Michellia, Titah AW, Agung Purwandono, Seno Gumira Ajidarma,

    Bre Redana, Mahfud Ikhwan, Indrian Koto, Asep Saeful Anwar, Saut Situmorang, Naomi Srikandi,

    Hanung Brahmantyo, Sony Karsono, Sunlie Thomas Alexander, Athif, Muhidin M Dahlan,

    Lisistrata Lusandina, Erie Setiawan, Impian Nopitasari, Yona Primadesi, Suwarno Wisetratomo,

    Alia Swastika, Kalis Mardiasih, Maryam Fithriati, Hairus Salim, Irfan Afifi

PIDATO KEBUDAYAAN: SENO GUMIRA AJIDARMA, Sekolah Liar. Mengapa Tidak?

  • 2 Mei 2023
  • Mulai pukul 19.30 – 22.00 WIB
  • Pertunjukan: Fajar Merah

BAZAR BUKU

  • 29 April - 4 Mei 2023
  • Mulai pukul 09.00 WIB - 21.00 WIB
  • Diikuti lebih dari 100 penerbit. Diskon up to 70% lebih dari 10.000 judul buku.

PANGGUNG MUSIK LITERASI: The Sounds of Poetry

  • 29 April - 16 Mei 2023
  • Mulai pukul 19.30 WIB - 21.00 WIB
  • Penampil:

    Shaggydog, Iksan Skuter, Christabel Annora, Frau, Joko Pinurbo, Fajar Merah, Kukuh Kudamai,

    Archiblues, Agoni, Sraddha Jalan Mulia Art Project, Kaliyouga, Kopibasi, Maya Nilam,

    Shoppinglist, Shoolinen, Antologi Ruang Duduk, Rojiluji, Merel, Proyek 13, Lourentia Kinkin,

    Ralung, Karung, Kokoh Davin, Teman Tumbuh, Syifasativa, Berbunyi, Partikelir, Slippingpils,

    Bekubang.

Acara ini akan digelar THE RATAN, Jl. Ringroad Selatan No.93, Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul.