Misteri Penyakit Ustaz Maaher, Polri: Jangan Menyebarkan Berita Bohong
Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata (Foto- @ustadzmaheer_)

Bagikan:

JOGJA – Penyebab kematian Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata masih menjadi tanda tanya, meskipun Polri menegaskan jika disebabkan oleh penyakit tertentu.

Pihak kepolisian tidak dapat membeberkan penyakit jenis apa yang diderita Ustaz Maaher, hal tersebut lantaran apabila dijelaskan dapat merusak reputasi Ustaz Maaher.

Polri Mengimbau Masyarakat Tidak  Menyebar Hoaks

Polri juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya pada kabar yang beredar. Sebab, kabar-kabar tersebut, menurut Polri tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Mengenai meninggalnya yang bersangkutan sudah di jelaskan pihak kepolsian bahwa yang bersangkutan meninggal karena sakit," ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa, 9 Februari.

Rusdi juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak bertanggungjawab. Apabila ragu, menurutnya dapat bertanya kepada pihak yang berkompeten.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang tidak berdasar. Sebab, nantinya apabila terjadi penyebaran informasi bohong atau hoaks dapat berujung dengan pidana.

"Dan jangan menyebarkan berita bohong, karena merupakan tindak pidana," tegas Rusdi.

Perlu diketahui, sebelumnya beredar informasi yang menjelaskan penyebab kematian Maaher lantaran disiksa di rumah tahanan Polri hingga menderita sakit kulit parah.

Kabar tersebut menambahkan jika Ustaz Maaher dilarikan ke Rumah Sakit Polri, namun kemudian dipulangkan kembali ke rumah tahanan meskipun kondisinya belum sembuh.

Informasi yang diunggah oleh Ade Armando melalui akun twitternya, @Adearmando1, pada Senin, 8 Februari menjadi ramai diperbincangkan.

Ade mentautkan informasi dengan akun yang pertama menyebar yaitu Pribumi Bangkit. Dosen Komunikasi Universitas Indonesia (UI) tersebut menyatakan jika informasi yang beredar adalah fitnah.

"Saya justru dapat kabar bahwa dia meninggal akibat penyakit yang belum bisa saya sebut namanya karena bila ternyata benar akan menjatuhkan nama Maher. Perlu buka-bukaan?" tantang Ade Armando.

Selain misteri penyakit Ustaz Maaher, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!