Bahan Alami Pengusir Nyamuk, Sederhana dan Tidak Ribet
Ilustrasi Nyamuk-pixabay.com

Bagikan:

Nyamuk merupakan masalah yang akan selalu ada di negara tropis. Nyamuk akan senantiasa ada baik diperkotaan maupun di desa-desa.

Meski banyak obat nyamuk yang bisa digunakan, tetapi hal itu mengandung bahan kimia. Bisa beresiko bagi kebugaran dengan penggunaan jangka panjang atau gak sesuai dengan aturan. Apalagi untuk orang yang peka dan menderita sakit tertentu. Tentu tak bisa menghirup bahan kimia dari obat nyamuk itu tak enak.

Sebenarnya ada bahan alami yang bisa jadi bahan alternatif bagi kita. Apa saja?

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa tanaman yang secara alamiah tak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini punya aroma yang dibenci nyamuk. Beberapa tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan ialah marigold, tulsi, serai, serai wangi.

Bawang Putih

Tumbuk-tumbuk atau blender bawang putih kemudian encerkan dengan air. Peras dan ambil airnya. Gunakan untuk menyemprot ruangan dan mengusir nyamuk. Sama seperti pakai obat pembasmi nyamuk semprot.

Bawang putih punya kandungan zat aktif yang gak disukai sama nyamuk.

Gunakan lemon dan cengkeh

Untuk Bahan Alami Pengusir Nyamuk yang selanjutnya dengan bau cengkeh dan lemon. Gunakan dua jenis bahan alami tersebut untuk sekaligus menjadi pengharum ruangan.

Anda bisa gunakan cengkeh asli yang diletakkan di atas piring. Gunakan juga irisan kulit lemon untuk pengharum ruangan. Anda juga bisa mencari pengharum ruangan dengan aroma cengkeh atau lemon.

Langkah sederhana mengurangi nyamuk

Tutup jendela dan ventilasi

Ini sebenarnya sederhana sekali dan tak butuh Bahan Alami Pengusir Nyamuk. Jika memang anda tinggal di daerah yang banyak nyamuk, persiapkan sejak dini. Tutup lubang ventilasi dengan kasa nyamuk. Tutup jendela di malam hari atau gunakan tirai yang bisa rapat menutup dan menghalangi nyamuk.

Batasi perkembangan nyamuk

Nyamuk akan berkembang biak di dalam genangan air atau tempat-tempat yang menyimoan air. Bersihkan barang-barang bekas dan sudah tak terpakai supaya tidak ada sarang nyamuk. Kuras kamar mandi dan tempat penimpanan air secara berkala untuk membersihkan jentik nyamuk.

Selain Bahan Alami Pengusir Nyamuk ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!