Ketua DPRD Kulon Progo Menyerahkan Sumbangan Buku ke SMA Negeri 2 Wates
Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati mendonasikan buku kepada SMA Negeri 2 Wates. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Bagikan:

Yogyakarta - Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Akhid Nuryati menyerahkan sumbangan sebagian buku seputar kebudayaan, pengelolaan lingkungan dan tata negara terhadap Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Wates dalam rangka menunjang tradisi literasi di sekolah itu.

Akhid Nuryati selaku Ketua Alumi SMA Negeri 2 Wates (IKALAMANDA) di Kulon Progo, Kamis, mengatakan IKALAMANDA mempunyai kerja sama dengan SMA Negeri 2 Wates, merupakan sumbangan bahan pustaka yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama (MoU) yang berlaku selama satu tahun dan bersifat mengikat terhadap alumnus.

"Kami mengajak kepada alumi yang memiliki koleksi buku, mohon memberikan dan mendonasikan buku kepada adik-adik yang masih sekolah di SMA Negeri 2 Wates," kata Akhid.

Donasi tak hanya berupa buku saja

Ia mengatakan donasi donasi bahan pustaka berupa buku, majalah, CD, dan sumber rujukan lain yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

Untuk itu, dirinya memberikan buku tentang kegiatan konservasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Waduk Sermo, dan peraturan perundang-undangaan. Tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran kepada siswa.

"Donasi bahan pustaka dalam rangka meningkatkan budaya literasi siswa di SMA Negeri 2 Wates. Kami juga berharap siswa di sana tertarik membaca buku ilmu pengetahuan karena membaca adalah jendela dunia," katanya.

Akhid Nuryati berpesan kepada guru dan siswa yang mulai menerapkan bejalar secara tatap muka untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kami mengimbau 3M menjadi sebuah budaya dalam rangka mendukung pemerintah menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Akhid juga mengucapkan menjalankan ibadah puasa kepada seluruh SMA Negeri 2 Wates dan IKALAMANDA. "Kami mengajak untuk menjalankan ibadah dengan aman dengan mematuhi protokol kesehatan," harapnya.

Guru dan Pembina OSIS SMA Negeri 2 Wates Sugiati mengatakan SMA Negeri 2 Wates dan IKALAMANDA memiliki MoU tentang donasi bahan pustaka.

Setiap tahun dilakukan penantangan MoU untuk memperbaharui kerja sama tersebut. Manfaat MoU tentang donasi bahan pustaka ini sangat membantu SMA Negeri 2 Wates mendapat buku-buku dari alumi, sehingga menambah bahan literasi bagi siswa. "Selain itu, buku-buku dari alumi menjadikan siswa memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya mata pelajaran tapi juga karakter lebih baik lagi. Saat ini, buku yang sangat dibutuhkan adalah buku berkaitan dengan penguatan karakter anak menghadapi era modern seperti saat ini," katanya.