Yogyakarta Kaji Penataan Parkir Tepi Jalan Dengan Model Parkir "Compact": Tak Perlu Lahan Luas Lagi
Parkiran di Yogyakarta (ANTARA)

Bagikan:

Yogyakarta - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta secara berjenjang melaksanakan upaya pembenahan parkir tepi jalan, salah satunya memanfaatkan perkembangan teknologi parkir yang kian canggih yakni dengan sistem parkir “compact” yang tak memerlukan lahan luas. 

“Karena luas lahan di Yogyakarta terbatas, maka dibutuhkan metode khusus untuk penyediaan lahan parkir dengan kapasitas cukup tetapi tidak membutuhkan lahan luas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Yogyakarta, Senin. 

Oleh karenanya, lanjut dia, teknologi parkir “compact” dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan untuk penataan parkir tepi jalan umum di Kota Yogyakarta khususnya untuk parkir sepeda motor. Agus mengatakan, pemanfaatan teknologi parkir “compact” tersebut sudah dilakukan oleh salah satu rumah sakit di Kota Yogyakarta yang membangun tempat parkir untuk sepeda motor dengan cara bertumpuk sehingga tidak membutuhkan lahan parkir yang luas. 

Manfaat Gedung Parkir

Dengan adanya gedung parkir tersebut, maka diharapkan tidak akan ada lagi parkir sepeda motor yang semula berada di Jalan KH Ahmad Dahlan. 

“Seperti membangun lemari parkir untuk sepeda motor. Jadi tidak membutuhkan lahan luas. Teknologinya sudah ada, dan kami akan mendorong pemanfaatan teknologi ini untuk mengatur parkir tepi jalan umum,” katanya. 

Pemanfaatan parkir tersebut juga diyakini tidak akan mengurangi mata pencaharian juru parkir yang selama ini menggangtungkan pendapatan mereka dari parkir tepi jalan umum. 

Permasalahan yang dihadapi Kota Yogyakarta, lanjut Agus, adalah adanya parkir tepi jalan umum di sepanjang tempat usaha atau pusat kegiatan perekonomian. 

“Padahal, rata-rata lebar jalan di Yogyakarta tidak terlalu luas sehingga menimbulkan hambatan arus lalu lintas,” katanya. 

Jika parkir tepi jalan tersebut dapat ditata, maka diharapkan arus lalu lintas menjadi semakin lancar, pertumbuhkan ekonomi pun meningkat dan tercipta estetika di Kota Yogyakarta. 

“Hanya saja, untuk penataan parkir ini membutuhkan nilai investasi yang tidak sedikit. Jadi, tidak harus dari pemerintah yang mengupayakan penataan parkir atau penyediaannya,” katanya. 

Pada tahun anggaran 2021, Pemerintah Kota Yogyakarta berencana membangun gedung parkir compact untuk sepeda motor di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Selain tentang sistem parkir di Yogyakarta ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!