DIY : Wisata Alam Jadi Andalan Saat Libur Lebaran
Pesepeda mengayuh sepedanya melintasi area persawahan di Kulon Progo, DI Yogyakarta (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menceritakan destinasi liburan alam yang tersebar di daerahnya menjadi destinasi andalan untuk dikunjungi pelancong lokal selama libur Lebaran akan datang. 

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Rabu, mengatakan seperti kegemaran masyarakat dikala ini, tamasya alam dikombinasikan dengan sejumlah paket tamasya seperti olahraga, bersepeda, serta berkeliling (sight seeing) Yogyakarta memakai bis. 

"Tren sekarang paket wisata dengan bersepeda dan sebagainya baik yang dibuat oleh komunitas maupun Asita (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia) sudah ada," ujar Singgih dikutip VOI dari ANTARA

Muncul destinasi wisata baru

Kemudian, menurutnya, dikala ini juga timbul sejumlah destinasi tamasya baru yang diinisiasi oleh masyarakat di DIY, sehingga menambah alternatif pelancong menghabiskan waktu libur. 

Meskipun demikian, dia melanjutkan, promosi pariwisata selama Lebaran akan dipusatkan untuk pelancong lokal di DIY untuk mengurangi potensi penularan COVID-19 serta menyesuaikan kebijakan larangan mudik dari pemerintah pusat. 

"Pengalaman tahun lalu, warga DIY masyarakat DIY antusias sekali berwisata di dalam DIY. Sebanyak 83 persen adalah wisatawan di dalam DIY," kata dia. 

Untuk mencegah penularan COVID-19, seluruh pengelola destinasi wisata telah diminta mengutamakan aspek protokol kesehatan dengan menyediakan masker untuk dibeli di setiap loket. 

"Prokes nomor satu. Kalau wisatawan tanpa masker tidak boleh masuk," kata dia.

Terkait