Sultan HB X : Perantau Jangan Pulang Dulu Saat Lebaran
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat asal wilayah ini yang tengah merantau ke beragam tempat di Indonesia, tak pulang kampung untuk sementara waktu memasuki Lebaran 2021. 

"Jangan pulang dulu, situasinya kan mereka juga kalau mematuhi kan tidak bisa keluar dari Jakarta, keluar dari Jawa Tengah gitu juga. Jadi bagaimana aturan itu dipatuhi," kata Sultan HB X, di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Kamis. 

Sebaliknya, bagi warga yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Raja Keraton Yogyakarta ini juga mengimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. 

"Ya boleh untuk mobilitas di dalam wilayah DIY," kata dia lagi dikutip VOI dari ANTARA

Sultan HB X memperbolehkan membuka destinasi wisata

Selain itu, ia juga menyatakan tidak masalah dengan dibukanya destinasi wisata selama libur Lebaran di wilayahnya selama pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Tidak apa-apa, yang penting pakai masker, protokol kesehatan, mobilitas tetap di dalam wilayah Yogyakarta. Sudah 95 persen hijau, oleh karena itu jangan keluar," kata dia pula. 

Meskipun untuk mengantisipasi potensi masuknya para pendatang lewat jalanan tikus di perkampungan, Sultan minta Satgas COVID-19 meningkatkan peran kontrol sampai di tingkatan RT/RW. 

"Iya makannya, saya itu lebih penting masuk desa, masuk RT/RW dikontrol, yang penting itu," kata dia lagi.