Instagram Keluarkan Fitur Baru yang Bisa Unggah Foto Lewat Komputer
Lustrasi Instagram (Charles Deluvio/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Semenjak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram cuma menawarkan layanannya untuk ponsel saja. Memang pengguna telah dapat mengaksesnya via notebook atau PC. Cuma saja fiturnya terbatas. Dan menurut laporan terkini, keadaan itu akan berubah.

Menurut penemuan pengembang dan analis aplikasi Alessandro Paluzzi, Instagram dikenal tengah mengembang fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan upload-an dari situs desktop. Dalam gambar yang dibagikan via Twitter, Paluzzi menyatakan bagaiman wujud tombol ‘+’ yang berlokasi di komponen navigasi.

Seperti pengerjaan men-upload foto melalui HP, unggah foto atau video via desktop juga terbagi dalam sebagian langkah. Diawali dari memilih foto, mengontrol ukuran foto, mengedit foto dengan saringan, menambahkan caption, menautkan akun lain, menambahkan info lokasi, dan masih banyak lagi.

Cara Posting Instagram Lewat Desktop

Hasil uji coba Paluzzi, ditemukan bahwa saat pengguna mengeklik tombol tersebut, akan muncul jendela baru di mana pengguna bisa mengunggah foto atau video. Tersedia pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran gambar. Terdiri atas pilihan Square (1:1), Portrait (4:5), dan Landscape (16:9).

Pada jendela selanjutnya, pengguna bisa memilih filter yang bisa diterapkan pada foto. Kemudian, akan muncul layar unggahan baru di mana pengguna bisa menambahkan caption, menautkan akun lain, menambahkan informasi lokasi, tagar, serta tombol posting.

Masih Uji Coba Internal

Memang masih belum diketahui secara pasti jumlah pengguna yang mengakses Instagram lewat desktop. Tapi, bocoran ini, serta ditambah dengan penambahan fitur baru untuk Instagram versi desktop yang sudah diluncurkan sebelumnya, menekankan betapa versi ini mulai mendapatkan banyak pengguna.

Maka dari itu, bisa dibilang inilah fitur yang sudah lama dinantikan para pengguna Instagram yang terbiasa mengakses platform lewat desktop. Terutama Anda yang aktif menjadikan Instagram sebagai salah satu lini produktif untuk bisnis.

Hanya saja, Paluzzi mengingatkan bahwa fitur ini masih dalam proses uji coba internal. Artinya, sebenarnya masih terbatas untuk kalangan perusahaan saja.

Belum pasti pula apakah fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten IG Stories, Reels, atau IGTV. Selain itu, masih belum bisa diperkirakan kapan perusahaan akan meluncurkan fitur ini.

Yang bisa dipastikan, bocoran ini mengisyaratkan kemudahan yang bakal diperoleh pengguna Instagram dan manajer media sosial. Mereka yang lebih terbiasa mengakses platform lewat desktop karena  kebutuhan produktif.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Fitur Anyar Instagram Bisa Unggah Foto Lewat Komputer, saatnya merevolusi pemberitaan!