Kamu Harus Tahu! Virgin Galactic Mulai Jual Tiket Pariwisata ke Luar Angkasa Rp6,4 Miliar, Minat?
Virgin Galactic mematok harga 450.000 dolar AS atau setara Rp6,4 miliar per kursi. (foto: Instagram @virgingalactic)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan perjalanan luar angkasa Virgin Galactic baru saja membuka pemesanan bagi siapa saja yang ingin membeli tiket wahana antariksa dengan menunggangi SpaceShipTwo.

Virgin Galactic mematok harga 450.000 dolar AS atau setara Rp6,4 miliar per kursi. Pengumuman itu muncul setelah pemilik perusahaan, konglomerat Richard Branson berhasil terbang ke tepi ruang angkasa pada 11 Juli lalu, dengan kendaraan pariwisata ruang angkasa miliknya yang dapat membawa empat penumpang setinggi 80 km selama beberapa menit tanpa bobot dalam misi Unity 22.

“Ketika kami berusaha untuk membawa keajaiban luar angkasa ke populasi global yang luas, kami dengan senang hati membuka pintu ke industri dan pengalaman konsumen yang baru,” ungkap Virgin Galactic seperti dikutip dari The Independent, Jumat 6 Agustus.

Virgin Galactic Mulai Jual Tiket Pariwisata ke Luar Angkasa

Perusahaan mengatakan akan memiliki tiga penawaran konsumen yakni satu kursi, multi-kursi untuk pasangan, teman, dan keluarga, serta pembelian tiket penuh. Tiket akan ditawarkan terlebih dahulu kepada orang-orang di Komunitas Spacefarer. Menurut wakil presiden komunikasi Virgin Galactic, Aleanna Crane sekitar 1.000 orang telah memberikan uang tunai untuk deposit terlebih dahulu.

Dari laporan CNN Internasional, Virgin Galactic juga sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan mengundi dua kursi di SpaceShipTwo kepada orang-orang yang menyumbang ke Space For Humanity, sebuah organisasi nirlaba dengan tujuan membantu mendemokratisasikan ruang angkasa.

Selain itu, perusahaan juga mengungkapkan ada 125.000 orang lebih dari 190 negara telah menyumbang. Awalnya, Virgin Galactic menjual tiket wisata luar angkasa dengan harga sekitar 200.000 dolar AS per kursi, tetapi merubah kembali harga tiket usai kecelakaan fatal selama uji terbang pada 2014 lalu.

Sejak saat itu, perusahaan mengubah desain pesawat, bermitra dengan perusahaan manufaktur baru, dan menguji SpaceShipTwo baru pada empat penerbangan sukses yang telah mencapai tepi luar angkasa, termasuk Branson, yang lepas landas bulan lalu. Setelah sukses, Virgin Galactic menegaskan telah siap untuk memulai operasi komersial pada 2022 dari Spaceport America di New Mexico.

“Pada kuartal kedua, kami membuat kemajuan yang berarti untuk memulai layanan komersial pada 2022. Kami juga menerima persetujuan FAA untuk memperluas lisensi peluncuran yang ada, menandai pertama kalinya FAA melisensikan Spaceline untuk menerbangkan pelanggan ke luar angkasa,” ujar kepala eksekutif Virgin Galactic, Michael Colglazier.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Virgin Galactic Mulai Jual Tiket Pariwisata ke Luar Angkasa Rp6,4 Miliar, Minat?, saatnya merevolusi pemberitaan!