Kabar Gunung Kidul Hari Ini: SAR Gunung Kidul Mendapat Bantuan Alat Operasional Pengawasan Pantai
SAR Satlinmas di Kabupaten Gunung Kidul membutuhkan dukungan alat operasional pengawasan pantai. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bantuan operasional pengawasan pantai berupa satu unit jetski, kapal jukung dan mobil jenazah dari Pemerintah DIY diberikan kepada tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah I di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Bantuan operasional pengawasan pantai ini akan menunjang kinerja dalam pengawasan pantai di wilayah pantai bagian timur Gunung Kidul," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunung Kidul Sunu Handoko di Gunung Kidul, Selasa.

Bantuan Alat Operasional Pengawasan Pantai

Dia mengatakan pihaknya telah mengajukan proposal pengadaan alat operasional pengawasan pantai semenjak 2020, dan baru terealisasi pada tahun ini.

Alat itu benar-benar diperlukan oleh SAR Satlinmas Kawasan I seiring tingginya jumlah pelancong yang berkunjung di kawasan ini.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah DIY atas batuan alat operasional pengawasan pantai ini. Sebelumnya hanya memiliki satu kapal jukung untuk operasi dan selebihnya meminta bantuan ke nelayan. Tapi sekarang dengan tambahan fasilitas, maka pengawasan bisa lebih dimaksimalkan,” katanya.

Sunu mengatakan rencananya bantuan jetski akan disiagakan di Pantai Wediombo di Desa Jepitu. Selanjutnya, kapal jukung akan ditempatkan di Pantai Siung Kecamatan Tepus dan kapal jukung yang sudah ada ditempatkan di Pantai Nampu. Untuk operasional jetski, Sunu mengaku tidak ada masalah karena belum lama ini ada pelatihan bersama dengan Basarnas.

“Personel SAR Satlinmas Wilayah I banyak yang bisa mengoperasikan alat pengawasan pantai, jadi tidak ada masalah dan siap digunakan untuk evakuasi korban kecelakaan laut,” katanya.

Disinggung mengenai sarana prasarana pendukung, Sunu mengungkapkan masih membutuhkan tambahan. Meski demikian, ia tetap bersyukur adanya bantuan dari Pemerintah DIY.

“Memang kurang, tapi bukan masalah karena anggota siap mengoptimalkan peralatan yang dimiliki saat ini,” katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono mengatakan SAR Satlinmas I hanya mendapat bantuan satu unit kapal jukung. Namun demikian, bantuan satu unit kapal jukung sangat membantu dalam operasi di kawasan Pantai Baron dan sekitarnya.

“Kami berharap ada tambahan lagi dan rencananya di 2022 mengajukan bantuan jetski ke Pemerintah DIY. Bantuan operasional pengawasan pantai sangat penting, seiring wisata pantai menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan di DIY,” katanya.