Berita Bantul: Lazismu Kretek Mengaajak Masyarakat Tetap Semangat Berbagi Di Masa Pandemic
Seremonial Pentasharufan Dana Zakat Infaq Shadaqoh (ZIS) Tahap Dua Tahun 2021 di Lazismu Kretek, Kabupaten Bantul, DIY

Bagikan:

YOGYAKARTA - Masyarakat diajak tetap semangat berbagi menyisihkan sebagian pendapatan untuk membantu sesama pada masa pandemi COVID-19. Hal tersebut diprakarsai oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Kantor Layanan Lazismu Kretek Suharmanta dalam siaran pers Seremonial Pentasharufan Dana Zakat Infaq Shadaqoh (ZIS) Tahap Dua Tahun 2021 di Bantul, Minggu, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kretek yang menyisihkan pendapatannya untuk saling membantu sesama.

Mengaajak Masyarakat Tetap Semangat Berbagi Di Masa Pandemic

"Teriringrang, tak pernah surut. Dengan harapan agar para muzakki tetap istiqomah untuk terus berbagi untuk masa selanjutnya, dan berharap COVID-19 segera berlalu dan kegiatan berjalan normal kembali," katanya.

Menurut dia, meski masih masa pandemi COVID-19, semangat jamaah khususnya masyarakat di Kecamatan Kretek tidak surut untuk tetap berbagi. Dan Lazismu sebagai salah satu lembaga amil zakat infak dan sedekah turut bergerak aktif menghimpun dana.

"Acara ini terselenggara di SD Unggulan Muhammadiyah Kretek dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Dikarenakan kondisi pandemi belum sepenuhnya selesai, kegiatan dilaksanakan dengan hanya terbatas tamu undangan," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kretek, Bantul, Suhardi mengatakan, bahwa dari warga dan jamaah Kretek pada tahun 2021 telah terkumpul ZIS sebesar Rp396.185.000 yang sebagian besar sudah tersampaikan pada pentasharufan tahap satu.

"Pada tahap dua ini disalurkan dana sejumlah Rp102.300.000 dengan rincian pilar pendidikan Rp19.900.000, pilar kesehatan Rp4.000.000, pilar dakwah sosial Rp63.200.000, dan pilar ekonomi Rp15.000.000. Penerima manfaat pada tahap dua sebanyak 455 orang dan lima lembaga," katanya.

Menurut dia, pilar terbanyak yang menjadi fokus Lazismu Kretek adalah pada pilar dakwah sosial.

"Kegiatan Lazismu Kretek ini sejalan dengan misi Bupati Bantul yang kelima tentang penanggulangan masalah kesejahteraan sosial," kata Penewu (Camat) Kretek, Bantul Cahya Widada.