Berita Bantul: Kementerian PUPR Membangun Los UMKM Dan Area Parkir Di Bantul
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Pembangunan Los UMKM dan Area Parkir Program PISEW 2021 Kementerian PUPR di Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, DIY

Bagikan:

YOGYAKARTA - Los usaha mikro kecil dan menengah dan area parkir di kawasan Sekar Mataram Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

"Saya berharap dengan adanya fasilitas ini akan dapat memberikan fasilitasi untuk pengembangan UMKM di Desa Bangunjiwo," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan resmi Pemkab pada peresmian Pembangunan Los UMKM dan Area Parkir Program PISEW 2021 di Bantul, Minggu.

Membangun Los UMKM Dan Area Parkir Di Bantul

Oleh karena itu, Bupati Bantul menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian PUPR atas bantuan los UMKM dan area parkir di kawasan Sekar Mataram tersebut, guna mendukung kemajuan sektor industri kreatif daerah ini.

"Sebagai Kabupaten Kreatif Kriya terkuat di Indonesia yang ditetapkan Badan Ekonomi Kreatif Nasional, saya ingin sektor industri bisa berkembang, apalagi sebagai faktor pendukung SDM di Bantul ini telah memenuhi syarat," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Bupati juga berharap generasi muda seperti karang taruna mampu terus memunculkan daya kreatifitas dan inovatif, karena saat ini bukan sumber daya alam yang menjadi andalan, namun sumber daya manusianya.

"Dengan demikian ke depan keberadaan bangunan ini tidak terbengkalai dan dapat dimanfaat sebagai ruang pameran produk UMKM yang ada di Desa Bangunjiwo," katanya.

Program PISEW merupakan program padat karya tunai untuk mendistribusikan dana pembangunan di tingkat desa dengan sasaran terbangunnya infrastruktur dasar guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal berdasarkan potensi atau komoditas unggulan.

Program PISEW telah dilaksanakan di Kecamatan Kasihan Bantul sejak 2018 hingga sekarang dengan total anggaran mencapai sebesar Rp1,8 miliar.

Untuk anggaran pembangunan los UMKM, panggung pertunjukan dan area parkir di kawasan Sekar Mataram Kasihan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp600 juta dengan waktu pengerjaan dari bulan April hingga Juli 2021.

Terkait