Berita Gunung Kidul: Pemkab Gunung Kidul Menyiagakan Tempat Karantina Di Setiap Kecamatan
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tempat karatina COVID-19 di 18 kecamatan dalam rangka mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan COVID-19, setelah Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 disiagakan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Jumat mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Gunung Kidul, setiap kecamatan diminta menyiapkan dan menyiagakan tempat karantina COVID-19.

BACA JUGA:


Menyiagakan Tempat Karantina Di Setiap Kecamatan

"Berdasarkan instruksi satgas penanganan COVID-19 kabupaten agar seluruh tempat karantina di tiap kecamatan disiapkan dan disiagakan," kata Dewi.

Ia mengatakan instruksi ini diberikan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus COVID-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru 2022. Seluruh fasilitas kesehatan dalam kondisi siap jika nantinya ditemukan kasus baru selama Natal dan tahun baru. Secara bersamaan, pihaknya juga terus mengejar capaian vaksinasi.

Ia menilai semakin banyak yang disuntik vaksin, maka potensi penyebaran kasus juga akan berkurang. Seperti saat ini di mana dinamika COVID-19 di Gunung Kidul kembali melandai. Saat ini tersisa dua kasus aktif yang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri.

"Hampir satu minggu terakhir, tidak ada tambahan harian COVID-198. Melandainya kasus COVID-19 di Gunung Kidul pengaruh dari program vaksinasi," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta juga menyatakan seluruh tempat karantina siap digunakan, termasuk fasilitas kesehatan. Penanganannya sendiri diserahkan sepenuhnya pada dinkes, berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Dinkes yang nantinya akan langsung bergerak dan berkoordinasi jika dibutuhkan nantinya. Kami mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran COVID-19 gelombang ketiga," ujarnya.

Terkait