Berita Luar Negri: FBI Peringatkan Kemungkinan Serangan Siber di Olimpiade Musim Dingin 2022
FBI peringatkan kemungkinan adanya serangan siber di Olimpiade 2022. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada peringatan waspada terhadap potensi serangan siber terhadap penyelenggara acara dan rantai pasokan di sekitarnya dari FBI tentang "entitas yang terkait" dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Paralimpiade Musim Dingin 2022. 

"FBI hingga saat ini tidak mengetahui adanya ancaman siber tertentu terhadap Olimpiade, tetapi mendorong mitra untuk tetap waspada dan mempertahankan praktik terbaik di jaringan dan lingkungan digital mereka," kata sumber di Biro tersebut yang dikutip Techradar.

Kelompok kejahatan dunia maya yang berbeda, negara-bangsa atau lainnya, dapat mencoba memanfaatkan Olimpiade untuk “menghasilkan uang, menabur kebingungan, meningkatkan ketenaran mereka, mendiskreditkan musuh, dan memajukan tujuan ideologis,” peringatan itu menambahkan.

FBI Peringatkan Kemungkinan Serangan Siber

 

Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara, mulai dari kampanye malware, serangan penolakan layanan (DDoS), serangan ransomware, pencurian data, rekayasa sosial, phishing, atau ancaman orang dalam.

Hasilnya dapat menghancurkan penyelenggara acara dan rantai pasokan di sekitarnya, menurut FBI, karena gangguan tersebut dapat mematikan siaran langsung, memengaruhi infrastruktur digital pribadi dan publik, atau bahkan mengakibatkan kompromi data pengenal pribadi dari peserta, atau pekerja pendukung.

FBI telah meminta semua pihak terkait untuk "mempertahankan rencana kesinambungan bisnis untuk meminimalkan gangguan layanan penting". Dengan kerja jarak jauh yang begitu populer saat ini, serta meningkatnya penggunaan infrastruktur digital, bisnis disarankan untuk menggunakan VPN, dan untuk secara teratur memantau jaringan dan titik akhir mereka.

Ada kekhawatiran yang muncul tentang aplikasi resmi My 2022, yang dibuat untuk peserta game yang akan datang, tetapi tampaknya dirusak dengan kelemahan keamanan, dan bahkan dapat ditipu untuk mengunjungi situs web jahat.

Artikel ini telah tayang dengan judul: FBI Peringatkan Kemungkinan Serangan Siber di Olimpiade Musim Dingin 2022, saatnya merevolusi pemberitaan!