Berita DIY Terbaru: Sultan HB X Belum Memutuskan Penyekatan di Perbatasan DIY
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X belum memutuskan kapan penyekatan kendaraan di perbatasan wilayahnya dilaksanakan untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya.

"Nanti kita lihat perkembangannya saja," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Sultan, yang paling utama saat ini adalah memastikan disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Sultan HB X Belum Memutuskan Penyekatan

Ia menilai perpindahan perilaku masyarakat dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 ke level 3 tidak mudah.

"Pindah dari kebebasan dari level 2 ke level 3 kembali agak berat. Ya, yang penting protokol kesehatan sama pakai masker," kata Raja Keraton Yogyakarta ini seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Jika prokes dapat diterapkan dengan baik sehingga kasus COVID-19 mengalami penurunan, menurut dia, tidak memerlukan kebijakan khusus hingga opsi penyekatan di perbatasan.

"Tapi kalau meningkat terus begini kita tidak bisa memprediksi sampai berapa (penambahan kasus). Mau di tingkat berapa ribu kita enggak bisa tahu," ujar Ngarsa Dalem sapaan Sultan HB X.

Berdasarkan data Pemda DIY, penambahan kasus harian COVID-19 di DIY telah mencapai di atas 1.000 kasus per hari, yakni mulai 12 Februari 2022 yang tercatat 1.065 kasus dan data per 20 Februari tercatat penambahan 1.807 kasus.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!