Sebanyak 51 Persen Warga Lansia di Kota Yogyakarta Sudah Dapat Vaksinasi Penguat
Petugas kesehatan memberikan suntikan tambahan dosis vaksin COVID-19 sebagai penguat kepada warga lansia di Kota Yogyakarta pada Senin (17/1/22). (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mencatat hingga Selasa (22/2) vaksinasi penguat sudah dilakukan pada 51,39 persen dari 23.608 warga lanjut usia (lansia) yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta.

"Vaksinasi untuk saat ini bisa diakses di puskesmas atau di rumah sakit. Sentra vaksinasi di XT-Square memang sedang diistirahatkan dulu," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah di Yogyakarta, Rabu.

Sudah Dapat Vaksinasi Penguat

Ia mengatakan bahwa kecepatan pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia cukup baik saat program tersebut pertama kali digulirkan, tetapi kemudian melambat setelah cakupan vaksinasi penguat mendekati 50 persen dari total sasaran.

Lana berharap pelaksanaan vaksinasi penguat pada warga lansia bisa dipercepat lagi setelah Kementerian Kesehatan memperpendek interval pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia menjadi tiga bulan dari vaksinasi kedua.

Hanya saja, Lana mengemukakan, kebijakan pemangkasan interval pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia belum diterjemahkan dalam sistem administrasi pendataan vaksinasi.

"Masih tertera dengan interval enam bulan. Tentunya, kami berharap dalam satu atau dua hari ke depan sudah ada pemutakhiran sistem administrasi vaksinasi sehingga lansia yang sudah memiliki interval tiga bulan bisa menerima dosis penguat," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

"Warga lansia memang membutuhkan vaksinasi booster (penguat) karena biasanya ada lansia juga mengalami komorbid yang membuat mereka rentan terhadap virus," kata Lana.

Menurut dia, saat ini sudah ada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan vaksinasi penguat dengan interval tiga bulan dari vaksinasi dosis kedua pada warga lansia.

"Secara aturan sudah dimungkinkan. Tetapi, petugas harus melakukan input data secara manual agar data vaksinasi tercatat dalam sistem," katanya.

Selain melaksanakan vaksinasi penguat pada warga lansia, Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi dosis lengkap pada anak usia enam sampai 11 tahun pada akhir Februari 2022.

"Setelah vaksinasi untuk anak selesai, kami akan berupaya mempercepat lagi vaksinasi booster untuk lansia. Mulai Maret bisa saja bekerja sama dengan wilayah," kata Lana.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!