Berita Yogyakarta: Dinkes Menyediakan Layanan Vaksinasi Penguat di Balai Kota Yogyakarta
Arsip Foto - Petugas kesehatan memasukkan vaksin COVID-19 ke dalam alat suntik dalam pelayanan vaksinasi penguat di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta, Selasa(ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan menyediakan pelayanan vaksinasi penguat di kompleks Balai Kota Yogyakarta untuk mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga.

"Mulai pekan depan setiap Rabu dan Kamis kami akan menyelenggarakan vaksinasi dosis penguat dengan menyiapkan 100-200 dosis vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Minggu.

Warga yang ingin mengakses pelayanan vaksinasi di kompleks Balai Kota Yogyakarta, ia mengatakan, diminta lebih dulu mendaftar secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Dinkes Menyediakan Layanan Vaksinasi Penguat

Emma mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan menyiapkan vaksin COVID-19 dan petugas pelayanan vaksinasi sesuai dengan jumlah warga yang mendaftar untuk menggunakan pelayanan vaksinasi.

Apabila animo warga untuk menjalani vaksinasi di kompleks Balai Kota Yogyakarta tinggi, maka Dinas Kesehatan akan menambah frekuensi pelayanan vaksinasi seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Saat ini, cakupan vaksinasi penguat di Kota Yogyakarta sudah mencapai 58,31 persen pada kelompok warga lanjut usia dan 43,69 persen pada seluruh sasaran vaksinasi COVID-19.

Guna mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi penguat, pemerintah kota tidak hanya menyediakan pelayanan vaksinasi di puskesmas dan rumah sakit, tetapi juga di kelurahan dan kecamatan.

Pemerintah kota mendekatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 ke warga dengan menyediakan fasilitas pelayanan vaksinasi di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Mengenai pelaksanaan vaksinasi primer, Emma mengatakan bahwa cakupannya sudah mencapai sekitar 200 persen di Kota Yogyakarta.

"Sekarang kami berharap dapat segera mencapai 75 persen untuk vaksinasi dosis penguat," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa angka kasus infeksi virus corona sudah menurun di Kota Yogyakarta.

Pada Sabtu (19/3), angka kasus aktif COVID-19 di Kota Yogyakarta tercatat 838, berkurang dari 976 kasus pada Jumat (18/3).

saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!