Rusia Bakal Umumkan Gencatan Senjata Hari Ini
Arus pengungsi warga sipil Ukraina menyeberangi reruntuhan akibat invasi Rusia. (Wikimedia Commons/mvs.gov.ua/Міністерство внутрішніх справ України)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kementerian Pertahanan Rusia akan mengumumkan gencatan senjata pada Hari Jumat, membuka koridor kemanusiaan untuk evakuasi warga Ukraina dari lima kota, kantor informasi RIA dan Interfax melaporkan pada Hari Kamis.

Badan-badan itu mengutip Mikhail Mizintsev, Kepala Sentra Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, yang mengatakan orang-orang bisa melaksanakan perjalanan ke Rusia atau kota-kota lain di Ukraina.

"Mulai pukul 10:00 waktu Moskow (07:00 GMT) pada 11 Maret 2022, Federasi Rusia akan mendeklarasikan 'gencatan senjata' dan siap memberikan koridor kemanusiaan," kata Interfax, mengutip pernyataan dari Mizintsev, seperti melansir Reuters 11 Maret.

Rusia Bakal Umumkan Gencatan Senjata

Lima kota tersebut adalah Kyiv, Sumy, Kharkiv, Mariupol dan Chernihiv. Diketahui, pejabat Ukraina mengeluh Rusia telah melanggar persyaratan perjanjian sebelumnya, sementara Moskow menuduh pasukan Ukraina mengganggu operasi.

Kendati demikian, RIA mengutip pejabat yang mengatakan pihak Ukraina harus memberikan daftar orang dan nomor registrasi kendaraan sebelum koridor dibuka.

pengungsi ukraina
Pasukan keamanan mengamankan proses evakuasi warga sipil. (Wikimedia Commons/mvs.gov.ua/Міністерство внутрішніх справ України)

Diberitakan sebelumnya, Ratusan ribu warga sipil masih terjebak di kota-kota Ukraina pada hari Kamis, berlindung dari serangan udara Rusia dan penembakan ketika pembicaraan antara menteri luar negeri Ukraina dan Rusia membuat sedikit kemajuan.

Memasuki pekan ketiga invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari lalu, para pejabat di Mariupol mengatakan pesawat-pesawat tempur Rusia kembali mengebom kota pelabuhan selatan yang dikepung, di mana sebuah rumah sakit bersalin dihancurkan pada Hari Rabu.

Tidak seorang pun warga sipil dapat meninggalkan Kota Mariupol di Ukraina yang dikepung pada Kamis, karena pasukan Rusia gagal menghormati gencatan senjata sementara untuk memungkinkan evakuasi, kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk di televisi nasional.

Upaya untuk mengirim makanan, air, dan obat-obatan ke kota itu gagal ketika tank Rusia menyerang koridor kemanusiaan, kata Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Ini benar-benar teror dari teroris berpengalaman. Dunia perlu tahu ini. Saya harus mengakuinya, kita semua berurusan dengan negara teroris," kecam Presiden Zelenskiy.

Terpisah, Walikota Mariupol Vadym Boychenko mengatakan 400.000 orang terjebak di kota yang telah melalui 'dua hari neraka'.

"Setiap 30 menit pesawat tiba di atas kota Mariupol dan bekerja di daerah pemukiman, membunuh warga sipil, orang tua, wanita, anak-anak," katanya dalam sebuah unggahan di dunia maya.

Adapun Petro Andrushenko, penasihat walikota, mengatakan Rusia ingin "menghapus orang-orang kami. Mereka ingin menghentikan evakuasi apa pun."

Untuk diketahui, invasi Rusia ke Ukraina sejauh ini gagal mencapai tujuannya, tetapi telah menyebabkan ribuan kematian dan memaksa lebih dari 2 juta orang meninggalkan Ukraina, di mana beberapa kota dikepung.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Rusia Bakal Umumkan Gencatan Senjata Hari Ini, Buka Koridor Kemanusiaan untuk Evakuasi Warga dari 5 Kota Ukraina

Saatnya merevolusi pemberitaan Jogja.Voi.id!