Ukraina Mendapat Drone Mematikan dengan Serangan Akurat Bantuan dari Pemerintah Biden
Foto via Korps Marinir AS/ABC News

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ceramah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di depan kongres AS, berbuah manis. Presiden Joe Biden mengumumkan tambahan $800 juta dalam dukungan militer untuk Ukraina dalam menghadapi gempuran Rusia.

Dikutip dari NBC News, Kamis 17 Maret, paket bantuan baru akan meningkat secara drastis dalam jumlah dukungan militer yang pergi ke Ukraina untuk memasukkan 800 cara anti-pesawat, 9.000 cara anti-armor, 7.000 senjata kecil seperti senapan dan peluncur granat, serta drone.

"Ini bisa menjadi pertempuran yang panjang dan sulit. Tetapi rakyat Amerika akan tetap mendukung kami untuk rakyat Ukraina dalam menghadapi serangan tidak bermoral dan tidak etis Putin terhadap penduduk sipil," kata Biden.

Ukraina Mendapat Drone Mematikan

"Kami bersatu dalam kebencian kami terhadap serangan bejat Putin. Dan kami akan terus mendukung mereka saat mereka berjuang untuk kebebasan mereka, demokrasi mereka, kelangsungan hidup mereka," sambung dia lagi.

Mari kita berbicara soal drone. Kabarnya Biden Ukraina drone pembunuh buatan AS. Ini adalah peluru kendali mutakhir yang dapat secara akurat menargetkan pasukan Rusia dari jarak bermil-mil.

Ada dua varian senjata, Switchblade 300 dan 600, yang telah dijual ke Komando Operasi Khusus AS oleh pabrikan AeroVironment. Senjata rahasia itu dirancang untuk serangan tepat pada personel dan bisa menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

Switchblade pada dasarnya adalah bom pintar robot, dilengkapi dengan kamera, sistem panduan, dan bahan peledak. Mereka dapat diprogram untuk secara otomatis menyerang target bermil-mil jauhnya, dan mereka dapat dikemudikan di sekitar sasaran sampai waktunya tepat untuk menyerang. Perusahaan mengatakan 600 dapat terbang selama 40 menit dan hingga 50 mil.

Dikutip dari ABC News, Switchblade bukan seperti drone Predator jarak jauh yang selama ini menjadi senjata andalan AS. Switchblade terlihat mirip dengan pesawat kecil dan menembakkan rudal ke sasaran.

Bahkan Switchblade bisa dimasukkan ke dalam ransel dan terbang langsung ke sasaran untuk meledakkan hulu ledak kecilnya.

Panjangnya kurang dari 2 kaki dan beratnya hanya 5,5 pon, Switchblade 300 dapat diluncurkan dari tabung kecil yang menyerupai mortar, setelah itu dapat terbang hingga 15 menit. Switchblade 600 yang lebih besar efektif terhadap target lapis baja dan dapat terbang selama lebih dari 40 menit, tetapi beratnya 50 pon.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ukraina Dapat Bala Bantuan dari Pemerintah Biden, Drone Mematikan dengan Serangan Akurat

Saatnya merevolusi pemberitaan Jogja.Voi.id!