Berita Luar Negri: Perusahaan Roket AS Kini Jadi Tulang Punggung Peluncuran Satelit Setelah Rusia Terkena Sanksi
Roket SpaceX akan mendapatkan lebih banyak "sewa" tahun ini. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan roket AS menghadapi tugas berat untuk mengangkut ratusan satelit ke luar angkasa pada tahun-tahun akan datang Ini dikarenakan adanya hukuman Barat yang sudah mengabaikan industri peluncuran luar angkasa Rusia.

SpaceX, Astra Space  dan Rocket Laboratorium USA  merupakan di antara segelintir perusahaan AS yang diinginkan mengisi kekosongan dari roket Rusia. Tapi pejabat industri ini di AS meragukan kapasitas mereka untuk langsung meningkat dan menutup celah yang ditinggalkan perusahaan roket Rusia.

Saat perlombaan antara perusahaan internet angkasa muncul, termasuk Starlink milik SpaceX milik Elon Musk dan Project Kuiper dari Amazon.com Inc, maka untuk membangun konstelasi satelit raksasa untuk memancarkan internet broadband dari luar angkasa terus memanas. Ini membuat permintaan untuk peluncuran satelit orbit rendah ini diperkirakan akan meroket.

Perusahaan Roket AS

Menurut data dari agregator layanan peluncuran Precious Payload, lebih dari 800 satelit di bawah 100 kilogram diperkirakan akan ditempatkan di orbit tahun pada ini saja. Jumlah hampir dua kali lipat jumlah peluncuran pada tahun 2021.

"Pada 2024, 2025, ketika semua konstelasi mega ini perlu diluncurkan, akan ada masalah nyata," kata CEO Rocket Lab, Peter Beck, kepada Reuters. Ini merujuk pada jaringan satelit komunikasi yang sedang dibangun oleh SpaceX, AST Spacemobile  dan OneWeb.

Rocket Lab adalah salah satu dari generasi baru perusahaan yang membangun sistem propulsi mini untuk menguangkan kenaikan eksponensial dalam permintaan untuk menempatkan satelit kompak di orbit bumi rendah.

Menurut perusahaan analitik industri BryceTech, pada tahun 2021, satelit yang diluncurkan oleh OneWeb dan SpaceX menyumbang peluncuran sekitar tiga perempat satelit kecil.

Menurut data base  yang ada Rusia masih mempertahankan pangsa 16% dari pasar peluncuran global selama lima tahun terakhir.

Sekitar dua pertiga dari peluncuran Soyuz adalah peluncuran satelit komersial atau untuk mendukung Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). “Sedangkan sisanya untuk pelanggan domestik Rusia,” kata analis Quilty Analytics, Caleb Henry.

Jika akses ke kemampuan Rusia hilang karena sanksi Barat terhadap negara itu atas invasinya ke Ukraina, maka perusahaan-perusahaan di Eropa dan Amerika Serikat harus segera turun tangan untuk memenuhi permintaan.

Namun, itu mungkin tidak semudah itu, mengingat kompleksitas dan tantangan yang terlibat dalam membangun dan meluncurkan roket baru.

"Selalu mungkin bahwa kendaraan baru akan online lebih cepat, berkat teknik manufaktur yang ditingkatkan, tetapi preseden menunjukkan akan sulit untuk mencapai irama peluncuran yang tinggi untuk beberapa tahun ke depan," kata analis Henry.

Beck dari Rocket Lab mengatakan krisis peluncuran juga akan berlaku untuk satelit yang lebih kecil yang digunakan untuk menggambarkan Bumi dan melakukan pengamatan ilmiah yang biasanya berbagi perjalanan untuk mengorbit pada roket dengan satelit lain.

Peluncuran yang tertunda dapat memengaruhi perusahaan internet satelit dalam berbagai cara. Ada risiko kehilangan hak peluncuran jika mereka tidak mematuhi tenggat waktu yang diamanatkan FCC, sementara beberapa perusahaan mungkin tidak melihat laba atas investasi kecuali satelit mereka berada di orbit.

United Launch Alliance, perusahaan patungan antara Boeing Co  dan Lockheed Martin, akan mengganti mesin Rusia dengan yang dibuat oleh Blue Origin yang didukung Jeff Bezos. Namun, perusahaan peluncuran Barat masih memiliki jalan panjang.

Menurut pakar industri roket,  kontrak peluncuran blockbuster Amazon untuk Project Kuiper dapat mendorong pembuat roket untuk mempercepat produksi.

Kendaraan peluncuran Starship SpaceX akan segera diproduksi massal dan analis memperkirakannya akan memenuhi beberapa permintaan. Perusahaan juga meluncurkan satelit untuk dan mengoperasikan Starlink.

"Jangka panjang, kendala peluncuran dapat diatasi dengan Starship. Starship dapat menghancurkan harga di pasar komersial jika Elon menginginkannya, tetapi prediksi saya adalah dia jauh lebih fokus untuk membawa manusia ke Mars," kata analis Deutsche Bank, Edison Yu.

Yu menambahkan bahwa "perusahaan ruang angkasa baru" seperti SpaceX, Rocket Lab dan Astra Space adalah pemenang ketika permintaan meningkat dan tidak ada ketergantungan dari produsen satelit di seluruh dunia pada roket Soyuz Rusia.

Awal tahun ini, OneWeb memutuskan untuk meninggalkan layanan peluncuran Rusia dan menandatangani kesepakatan dengan saingannya SpaceX untuk menempatkan satelitnya di orbit.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Perusahaan Roket AS Kini Jadi Tulang Punggung Peluncuran Satelit Setelah Rusia Terkena Sanksi

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!