Berita Sleman: Berdayakan UMKM, Sleman Menggelar Pameran Virtual "Kendi Sembada" dan Pasar Lebaran
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Haris Martapa. Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggelar agenda tahunan pameran virtual "Kendi Sembada" dan Pasar Lebaran 2022" sebagai upaya pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah serta menyambut Lebaran 2022

"Kegiatan ini diselenggarakan secara 'offline' dan virtual," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman Haris Martapa di Sleman, Rabu.

Menurut dia, kegiatan oflline akan diadakan pada 14 hingga 17 April 2022 di Atrium Hartono Mall, Yogyakarta, sedangkan pelaksanaan virtual akan dilaksanakan mulai tanggal yang sama dengan offline, sampai dengan tiga bulan mendatang.

"Pelaksanaan secara virtual melalui portal www.kendisembada.com yang dapat diakses baik melalui Web, PC maupun Smartphone," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sleman Menggelar Pameran Virtual "Kendi Sembada"

Ia mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha di Kabupaten Sleman. Pada momen menyambut Hari Raya Idul fitri biasanya harga kebutuhan pokok di pasaran melonjak, sehingga perlu upaya dari pemerintah untuk membantu masyarakat dengan memunculkan produk lokal berkualitas dengan harga terjangkau.

"Kegiatan pameran ini mengusung tema dengan Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman," katanya.

Haris mengatakan, pelaksanaan kegiatan offline diikuti 70 partisipan dari UMKM dan koperasi sedangkan secara virtual diikuti oleh 116 partisipan dari UMKM dan koperasi dengan beberapa kategori.

"Kategori UMKM di antaranya kuliner siap saji diikuti 35 UMKM, non-siap saji 35 UMKM, fesyen /batik/lurik 24 UMKM, craft/kerajinan dan asesoris 11 UMKM, flora dan tanaman hias lima UMKM, jasa satu UMKM serta lima koperasi," katanya.

Ia mengatakan, untuk menyemarakkan pelaksanaan kegiatan offline Pameran Virtual Kendi Sembada dan Pasar Lebaran tahun 2022 akan dilaksanakan beberapa perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Beberapa lomba yang akan menyemarakkan kegiatan tersebut seperti Sleman Smart Campaign, yakni lomba orasi yang dapat diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), koperasi mahasiswa, dan Forkom UMKM Kabupaten Sleman dengan tema bersinergi meningkatkan ekonomi melalui koperasi dan UMKM. Lomba ini dijadwalkan pada 14 April 2022.

Lomba Tari Kreasi Nusantara yang dapat diikuti masyarakat  umum dengan usia 14- 22 tahun beregu/berkelompok 3-7 orang dengan tari budaya Nusantara pada 17 April 2022.

Lomba Stand Up Comedy yang dapat diikuti masyarakat umum di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tema Ramadhan/Lebaran pada 16 April pukul 16.00 WIB.

"Selain itu ada banyak lomba lainnya seperti lomba lukis caping, lomba menyanyi untuk anak-anak, lomba membuat hampers lebaran bagi UMKM. Total hadiah setiap jenis perlombaan sebesar Rp5.000.000 dan para juara lomba mendapatkan trofi dan sertifikat," katanya.

Ia mengatakan, informasi terkini seputar kegiatan tersebut dapat diakses melalui laman instagram @dinkopukmsleman (akun resmi Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!